Operasi Makan Gratis yang Berdayakan Warteg Terdampak Pandemi

Di Bandung, warteg yang mengalami penurunan pendampatan selama pandemi ACT berdayakan untuk mendukung Operasi Makan Gratis. Sehingga, aksi kebaikan ini bisa dirasakan banyak pihak.

Salah satu penerima makanan siap santap dari Operasi Makan Gratis di Bandung. (ACTNews)

ACTNews, BANDUNG – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bandung kembali menggelar Operasi Makan Gratis pada Jumat (20/8/2021). Kali ini, aksi dilakukan bersama tim Gerceb ITB di wilayah Cipadung, Cibiru, Bandung. Dengan melibatkan warung makan kecil yang terdampak pandemi, aksi ini begitu banyak dirasakan manfaatnya, bukan hanya penerima makanan siap saji saja.

Salah satu warteg yang terlibat dalam menyajikan makan dari aksi Operasi Makan Gratis ini ialah milik Watirto. Warteg yang bernama Karya Bahari ini sudah berdiri sejak delapan tahun lalu. Sayang, dalam dua tahun terakhir, atau sejak Covid-19 mewabah di Indonesia, sepi pembeli harus dirasakan, bahkan hingga mengalami kerugian.

Cahyadi, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Cipadung, mengatakan, wilayahnya merupakan daerah padat penduduk yang selama pandemi ini begitu merasakan dampak. Bahkan, nyaris di semua aspek kehidupan, khususnya ekonomi, ikut merasakan penurunan.

“Banyak yang kehilangan pendapatan karena selama ini warga sangat bergantung pada keramaian mahasiswa UIN, sedangkan sekarang mahasiswa sedang tak menggelar aktivitas di kampus,” jelasnya.

Dengan adanya Operasi Makan Gratis ini, tambah Cahyadi, warga sekitar sangat terbantu. Bukan hanya penerima manfaat makanan siap saji saja, tapi juga pelaku usaha warung makan kecil yang ikut diberdayakan. Harapannya, aksi ini dapat berlanjut dan meluas.

Kepala Cabang ACT Bandung Trisna Adi Permana mengatakan, Operasi Makan Gratis merupakan salah satu ikhtiar ACT bersama dermawanan menanggulangi dampak pandemi yang nyaris terjadi dua tahun ini. Dengan semangat berbagi dan membantu, ACT yang dimotori kedermawanan yang tersalurkan membantu berbagai lapisan warga.

“Semua yang dilakukan ACT merupakan cerminan kedermawanan bangsa Indonesia. Kami pun telah menyediakan kemudahan berbagi dengan berbagai cara, mulai dari kanal Indonesia Dermawan, media sosial hingga kantor cabang yang tersebar di banyak daerah,” jelas Trisna.[]