Operasi Medis Gratis Jangkau Perkampungan Terisolir

Layanan kesehatan gratis dari ACT dan PHYC menjangkau Jorong Tombang di Kecamatan Talamau, Pasaman Barat yang terisolir. Medan yang sulit ditempuh untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga di sana.

act pasaman barat
Tim medis menuju rumah salah satu warga di Jorong Tombang, Pasaman Barat. (ACTNews)

ACTNews, PASAMAN BARAT – Sabtu lalu, tepatnya 18 September, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Komunitas Pasbar Healt Youth Community (PHYC) memulai perjalanan ke Jorong Tombang, Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat. Berbagai bekal disiapkan, termasuk peralatan medis karena Operasi Medis Gratis bakal digelar di sana. Bukan tanpa alasan di hari itu tim ACT mengunjungi perkampungan tersebut. Sudah menjadi rahasia umum kalau Jorong Tombang merupakan daerah yang sulit dijangkau dan minim fasilitas kesehatan.

Puluhan kilometer ditempuh dari Kantor ACT Pasaman Barat menuju Jorong Tombang. Pepohonan di sekitar menyejukkan mata. Sayang, medan jalanan kurang bersahabat. Beberapa ruas jalan ada yang berbatu, ada juga tanah yang jika terkena hujan akan berlumpur dan licin. Sebelum masuk perkampungan, turunan terjal menyambut, sedangkan untuk keluar kampung, tanjakan curam yang harus dilewati, juga berkelok.

“Cerita warga, pernah ada penjual kasur yang mengobral dagangannya dengan harga sangat murah karena sulit melewati medan untuk keluar kampung,” ujar Gatoet Kesuma, Kepala Cabang ACT Pasaman Barat.

Fasilitas kesehatan pun minim di Jorong Tombang, kondisi ini lah yang menjadi alasan Operasi Medis Gratis digelar di sana. Dengan ratusan jiwa yang menetap, hanya ada satu orang bidan, dan jika stok obat habis, harus memenuhinya kembali di kota. Untuk puskesmas terdekat ada di wilayah kecamatan, jaraknya puluhan kilometer dari perkampungan Jorong Tombang.

Ke Jorong Tombang, ACT bersama PHYC membawa dokter, apoteker, hingga perawat. Pelayanan medis ini dipusatkan di posko kesehatan yang didirikan, sedangkan bagi warga yang tak sanggup datang mendapatkan layanan kunjugan ke rumah.


Salah satu ruas jalan yang harus dilewati untuk sampai ke Jorong Tombang, Pasaman Barat. (ACTNews)

“Setelah melewati medan yang cukup berat, kami tiba di sini. Pelayanan terbaik kami ikhtiarkan. Semoga kesehatan warga dapat terus terjaga,” kata  Hamzah dari tim PHYC.

Operasi Medis Gratis ini sendiri sebelumnya sudah ACT Pasaman Barat gelar di berbagai titik. Target utama penerima manfaat merupakan warga yang jauh dari jangkauan fasilitas kesehatan dan prasejahtera. Selain pelayanan kesehatan, digelar juga penyuluhan tentang hidup sehat.[]