Operasi Pangan Gratis Bahagiakan Pekerja Harian di Kota Tasikmalaya

Kondisi ekonomi para pekerja harian di sekitar pusat Kota Tasikmalaya belum membaik.Aksi Cepat Tanggap Tasikmalaya pun berikhtiar membantu mereka dengan Operasi Pangan Gratis, Rabu (23/9).

Operasi Pangan Gratis Bahagiakan Pekerja Harian di Kota Tasikmalaya' photo
Tim Operasi Pangan Gratis menyerahkan bantuan beras kepada seorang pedagang becak di pusat Kota Tasikmalaya. (ACTNews/Mochamad Miftah Fauzi)

ACTNews, TASIKMALAYA – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya kembali mendistribusikan bantuan pangan di Kota Tasikmalaya. Bantuan pangan itu hadir untuk para pekerja harian yang sedang berjuang di tengah sulitnya ekonomi saat pandemi.

“Alhamdulillah kami berkeliling dari mulai depan kantor ACT Tasikmalaya hingga ke Jalan Dr Soekardjo. Saya bersama tim MRI dan ACT lainnya merasa teramat bahagia bisa sering melihat senyum bahagia para penerima manfaat dari aksi Operasi Pangan Gratis mobile ini. Paling tidak, bahan pangan yang kita distribusikan kepada mereka bisa menjadi tambahan untuk di rumah masing-masing,” ucap Irwan Rodiaman selaku koordinator Aksi Operasi Pangan Gratis Rabu (23/9) itu.

Irwan pun turut mengajak para dermawan untuk terlibat dalam aksi kepedulian ini. Bantuan terbaik para dermawan dapat dikirimkan melalui BNI Syariah 88 0000 92 77 atau melalui halaman daring Indonesia Dermawan.


Puluhan paket pangan diberikan kepada pedagang, pengemudi becak, bahkan pemulung. Menurut Irwan, para pekerja harian itu sampai saat ini masih mengalami kesulitan ekonomi karena pandemi.

Seperti yang diceritakan Oyo (58) seorang pedagang balon ditemui tim MRI dan ACT Tasikmalaya ketika sedang menjajakan balon-balon di tangannya. Menurunnya pedanpatan yang tidak menentu memukul oyo.

“Di hari-hari biasa saja sudah tidak menentu keuntungannya, apalagi waktu (pandemi) Corona (baru). Ngerasain banget turunnya pendapatan,” ungkap Oyo. Semenjak sekolah diliburkan, Warga Lengkong Tengah itu mesti berkeliling dan berjalan lebih jauh agar balon-balon di tangannya laku.


Oyo saat sedang berbincang dengan tim Operasi Pangan Gratis. (ACTNews/Mochamad Miftah Fauzi)

Dalam kesempatan itu pula Tim MRI dan ACT Tasikmalaya menyampaikan bantuan berupa paket pangan kepada Oyo dan puluhan pekerja harian lain. Ia pun mengungkapkan terima kasih dan rasa syukurnya. “Alhamdulillah ini rencang (bahan pangan) bisa saya manfaatkan untuk 1-2 hari, hatur nuhun,” kata Oyo.[]

Bagikan

Terpopuler