Operasi Pangan Gratis Bahagiakan Santri di Pelosok Riau

Beras Wakaf program Operasi Pangan Gratis didistribusikan ke pesantren di pelosok Riau. Kehadiran program OPG bahagiakan santri yang sedang menuntut ilmu.

opg rokan hulu
Santri Pondok Pesantren Darussalam menerima beras dari program Operasi Pangan Gratis. (ACTNews)

ACTNews, ROKAN HULU – Program Operasi Pangan Gratis (OPG) didistribusikan hingga ke pelosok. Kehadiran OPG di pesantren bahagiakan santri yang masih bertahan di tengah kesulitan akibat pandemic Covid-19.

Pendistribusian beras dilakukan di Pondok Pesantren Darussalam yang berada di Desa Pasir Agung, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Senin (12/07/2021). Sebanyak 250 kilogram beras diberikan untuk para santri di pesantren tersebut.

Kepala Cabang ACT Riau Wahyu Fitra Suryanda berharap para santri terus semangat menuntut ilmu tanpa perlu mencemaskan apa yang akan dimakan. Menurut Wahyu, para santri di pelosok merasakan dampak pandemi Covid-19. Di mana para orang tua mereka kesulitan ekonomi sehingga suplai kebutuhan mereka di pesantren urung terpenuhi.

“Alhamdulillah semangat mendukung para santri terus kita ikhtiarkan dengan berbagai bantuan. Selain beras, ACT Riau juga menyalurkan Air Minum Wakaf. Semoga para santri tetap semangat menuntut ilmu dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi agama dan bangsa,” ungkap Wahyu.

Pembina Pondok Pesantren Darussalam, Ahmad Zainuri mengucapkan terima kasih Act dan para sahabat dermawan yang telah menyisihkan hartanya untuk memenuhi pangan para santri di pesantren.Ia juga mendukung program OPG agar berkelanjutan di masa yang akan datang. Sehingga lebih banyak santri yang merasakannya.

“Alhamdulillah, ini cukup untuk kebutuhan pondok pesantren kami dalam satu bulan ke depan. Semoga orang yang mendermakan hartanya, pahalanya terus mengalir, ini amal jariyah. Membahagiaka para penuntut ilmu adallah amal jariyah,” ungkap Ahmad Zainuri.

Wahyu menjelaskan, beras yang didistribusikan dalamm program OPG adalah beras wakaf. Melalui dana wakaf, Global Wakaf berharap dan terus berikhtiar menjadikan instrumen Wakaf sebagai gerakan sosial yang masif.

“Sehingga kedepan nanti kita mampu membangkitkan perekonomian umat. Seperti contohnya pembebasan lahan pesantren menggunakan dana wakaf, pemanfaatan lumbung pertanian berbasis wakaf, lumbung ternak wakaf dan varian program berbasis pemberdayaan dengan dana wakaf. Untuk itu, kami mengajak para dermawan terlibat dalam ikhtiar ini lewat laman pekanbaru.indonesiadermawan.id,” pungkas Wahyu. []