Operasi Pangan Gratis Bantu Pekerja Lepas dan Lansia Prasejahtera di Sukabumi

Adanya kebijakan pembatasan aktivitas akibat pandemi Covid-9, membuat ekonomi para pekerja lepas sektor informal terpuruk. Penghasilan yang minim, membuat mereka kesulitan memenuhi kebutuhan pangan.

opg di sukabumi
Warga menerima pangan dari ACT dalam program Operasi Pangan Gratis. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN SUKABUMI – Pandemi Covid-19 membuat pekerja lepas sektor informal di Desa Pelabuhan Ratu, Kecamatan Citepus, Kabupaten Sukabumi yang mendapat gaji tidak tentu semakin terpuruk. Akibatnya, hal itu berdampak pada kebutuhannya sehari-hari yang tidak bisa terpenuhi. Untuk itu, Operasi Pangan Gratis sangat dibutuhkan bagi mereka. 

Dani Firdaus dari tim program ACT Kabupaten Sukabumi menjelaskan buruh lepas seperti kuli bangunan, buruh tani, pedagang pasar, porter, dan tukang becak di Desa Pelabuhan Ratu penghasilanya benar-benar menurun. Akibat tidak ada pemasukan, kebutuhan hidup primer seperti makan juga tidak bisa dipenuhi. 

“Adanya PPKM Darurat akibat pandemi Covid-19, para pekerja lepas dan masyarakat pra sejahtera semakin terpuruk kondisinya. Kebutuhan pangannya kurang terpenuhi. Untuk sekadar membeli beras pun sulit, sehingga pangan sebagai kebutuhan mendesak harus segera dipenuhi,” kata Dani, Senin (12/7/2021). 

Membantu memenuhi kebutuhan pangan para pekerja lepas di Pelabuhan Ratu ACT memberikan pangan berupa beras kepada 300 orang, Senin (12/7/2021). Selain para pekerja lepas, bantuan juga diberikan kepada lansia dan masyarakat pra sejahtera. 

“Dalam Operasi Pangan Gratis (OPG) ini, total 300 paket pangan didistribusikan kepada para pekerja lepas dan lansia pra sejahtera. Di mana selama pandemi Covid-19 ini, kondisi ekonomi mereka sangat tertekan, karena penghasilan yang menurun,” jelasnya. 

Selanjutnya Dani mengajak kepada para dermawan untuk bergotong royong membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Melalui Operasi Pangan Gratis, ACT ingin memastikan tidak ada warga yang kelaparan saat pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat.[]