Operasi Pangan Gratis Setiap Hari untuk Warga Surabaya

Di Surabaya, Aksi Cepat Tanggap menggencarkan Operasi Pangan Gratis yang menyasar pekerja informal hingga warga prasejahtera. Program ini sebagai salah satu langkah penanggulangan dampak pandemi.

Serah terima Operasi Pangan Gratis untuk warga Surabaya. Aksi ini dilakukan setiap hari. (ACTNews)

ACTNews, SURABAYA – Sejak usia 40 tahun, Darsono (64), berjualan tauwa secara berkeliling dengan sepeda di wilayah Surabaya. Pekerjaan ini ia lakoni sebagai cara mendapatkan uang bagi keluaga. Mangkok demi mangkok tauwa yang dijualnya menjadi gantungan rezeki yang bakal ia bawa pulang.

Akan tetapi, sejak Covid-19 mewabah di Surabaya tahun 2020 lalu, hingga saat ini pendapatan Darsono turun drastis. Apalagi saat pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat. Hanya hitungan jari porsi tauwa yang bisa dijualnya.

“Pandemi gini sepi, orang takut keluar rumah, enggak banyak yang beli jadinya. Dari pagi sampai sore ini baru laku sembilan mangkok, padahal saya butuh uang buat berobat istri,” ungkapnya di awal Agustus ini.

Kesulitan di masa pandemi juga dirasakan Ridwan (40), penjual kerupuk. Pria yang biasa berkeliling untuk berjualan di Dukuh Setro, Tambaksari, Surabaya, ini mengaku tak bisa mendapatkan banyak uang dari hasil jualannya. Tak hanya karena sepinya pembeli, tapi juga kondisi kesehatannya yang tak lagi mendukung. Sekarang dalam sehari, Ridwan hanya mampu menjual beberapa kantong saja, per kantong kerupuk ia hargai Rp3 ribu.

“Kalau gini belum bisa balik modal, sepi banget, kondisi susah sekali,” ujarnya.

Kondisi sulit yang dirasakan Darsono dan Ridwan ini lah yang kemudian membawa pertemuan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan mereka berdua yang merupakan pekerja dengan gaji harian. Paket pangan dari Operasi Pangan Gratis diberikan sebagai bagian dari “sidak” yang dilakukan ACT untuk pekerja informal.

Dipo Hadi dari tim Program ACT Surabaya mengatakan, Operasi Pangan Gratis ini dilakukan setiap hari bersama relawan Masyarakat Relawan Indonesia. Berangkat dari laporan masyarakat, program pemenuhan pangan ini dihadirkan langsung ke penerima manfaat.

“Tak hanya bagi para pekerja harian saja, Operasi Pangan Gratis juga hadir untuk warga yang tengah menjalani isolasi mandiri,” jelas Dipo.

Dalam Operasi Pangan Gratis ini, masyarakat bisa menghubungi ACT lewat layanan “Lapor Min!!” untuk mengadakan bantuan bagi saudara atau tetangga. “Silakan hubungi kami di nomor 031-8290570. Atau yang ingin konsultasi kesehatan gratis ada juga layanan kami di nomor 021-2940-7156 yang akan dihubungkan dengan tim medis ACT di Menara 165, Jakarta Selatan,” tambah Dipo.[]