Operasi Pangan Ikhtiar Entaskan Warga dari Jurang Kelaparan

Operasi Pangan Gratis telah ACT hadirkan sejak 2020 lalu. Lewat program kebaikan ini, harapan besar mampu mendukung pangan warga di tengah terpaan badai pandemi. Kini, saat kehidupan mulai bergeliat lagi, Operasi Pangan Murah diluncurkan sebagai stimulan.

Operasi Pangan Gratis
Distribusi paket pangan gratis untuk warga di bantara rel di Surabaya. (ACTNews)

ACTNews, SURABAYA, MAKASSAR – Covid-19 yang mewabah di Indonesia nyaris selama dua tahun membawa dampak besar pada kehidupan masyarakat, bukan hanya kesehatan, tapi juga ekonomi. Jumlah jiwa yang terpapar virus mematikan ini pun terus bertambah, hal tersebut ternyata juga beriringan dengan jumlah jiwa yang masuk kategori prasejahtera. Badan Pusat Statistik menyebut, jumlah orang miskin di Indonesia meningkat menjadi lebih dari 27 juta jiwa pada kuarta I 2021.

Kenyataan yang terjadi saat ini kemudian menjadi perhatian Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang merupakan lembaga sosial kemanusiaan yang mengelola kedermawanan masyarakat. Kekhawatiran efek domino akibat ekonomi yang terus menurun membuat penanganan harus segera dilakukan. Salah satunya lewat Operasi Pangan Gratis yang diluncurkan pada awal pandemi 2020 dan terus berlangsung hingga saat ini.

Seperti pada pertengahan Oktober ini, aksi terus dimasifkan ke berbagai titik. Di Surabaya, distribusi pangan terbaik dilakukan di Jalan Ngaglik untuk warga yang tinggal di pinggir rel kereta api. Ada 100 paket pangan yang didistribusikan hari itu.

“Program ini merupakan inisiasi ACT yang diharapkan menjadi solusi permasalahan pangan di masa pandemi,” jelas Dian Laksana, Kepala Cabang ACT Surabaya.

Kini, di tengah menurunnya kasus positif Covid-19 dan mulai bergeliatnya kembali berbagai sendi kehidupan masyarakat, ACT menghadirkan Operasi Pangan Murah sebagai langkah mendukung pangan masyarakat dengan sokongan kedermawanan. Operasi Pangan Murah ini memberikan paket pangan terbaik dengan setengah harga untuk warga prasejahtera yang tengah merintis kehidupan yang lebih baik.

Jumat (15/10/2021) lalu, menjadi hari perdana Operasi Pangan Murah digulirkan. Seremoni dan aksi pertama ini serempak dilakukan di berbagai kota. Tak hanya di kota-kota di Jawa, tapi juga hingga ke Sulawesi. Seperti di Makassar, paket pangan senilai Rp180 ribu dapat dibawa pulang oleh warga cukup dengan nominal Rp90 ribu saja.

“Operasi Pangan Murah pertama di Makassar kami hadirkan untuk warga di sekitar Masjid Ash-Shabuur, Kampung Kawah. Harapan kami, paket pangan dengan harga dan kualitas terbaik ini mampu menopang pangan masyarakat di tengah kehidupan yang mulai bergeliat ini,” jelas Firman dari tim Program ACT Sulawesi Selatan.[]