Operasi Pangan Murah Ikhtiar Redam Harga Pangan Mahal

Harga pangan yang mengalami kenaikan beberapa waktu lalu cukup menyulitkan masyarakat, apalagi mereka yang kondisi ekonominya belum stabil. Hal ini lah yang kemudian ini ACT redam lewat aksi kebaikan, Operasi Pangan Murah, yang didukung dermawan.

operasi pangan murah
Distribusi Operasi Pangan Murah. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Operasi Pangan Murah terus Aksi Cepat Tanggap (ACT) gelar di berbagai daerah. Program pangan berkualitas setengah harga ini pun mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat.

Seperti di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Gowa pada Rabu (10/11/2021) kemarin. Ini merupakan Operasi Pangan Murah keempat yang ACT Cabang Sulawesi Selatan gelar. Jemaah Musala Babussalam Lekobo’dong menjadi target sebagai penerima manfaat.

“Operasi Pangan Murah merupakan ikhtiar bersama dermawan untuk menghadirkan akses pangan murah untuk masyarakat prasejahtera di berbagai daerah,” jelas Firman dari tim Program ACT Sulsel.

Masih di tanah Sulawesi, Operasi Pangan Murah juga digelar di Manado. Melalui Kantor Cabang ACT Manado, aksi ini digelar di perkampungan rawan banjir di Kelurahan Mahawu, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, Selasa (9/11/2021). Lewat Operasi Pangan Murah, masyarakat bisa menebus bahan pangan pokok hanya dengan setengah harga.

Tak hanya di Sulawesi, daerah lain seperti Maluku, Jakarta Utara hingga Bengkulu turut menggelar Operasi Pangan Murah. Menurut Muhammad Syamsudin Mahu dari tim Program ACT Maluku, gelar bazar pangan murah berkualitas ini menjadi ikhtiar bersama di tengah menurunnya kasus baru Covid-19. Hal tersebut, karena kasus Covid-19 yang turun tak serta merta segera menaikan kondisi ekonomi, khususnya mereka yang prasejahtera.

“Belakangan ini, harga pangan pokok mengalami kenaikan. Ini menjadi ujian bagi masyarakat, selain di tengah pandemi, khususnya di wilayah Maluku, masyarakat masih berikhtiar bangkit pascagempa besar yang melanda beberapa waktu lalu,” ungkap Syamsudin.[]