Orientasi Mahasiswa Baru UIN Bandung Tebar Kedermawanan Bersama ACT

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung melakukan proyek sosial Lumbung Sedekah Pangan dengan nama #SaeedCares. Proyek sosial yang berkolaborasi dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Barat ini, diharapkan menjadi momentum bagi mahasiswa baru untuk melihat lingkungan sekitar dan mengaktivasi jiwa kedermawanan dan kerelawanan.

Unggahan salah seorang mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UIN SGD dalam aksi #SaeedCares. (ACTNews)

ACTNews, BANDUNG – Tahun ini seluruh mahasiswa baru memasuki dunia perkuliahan secara daring akibat pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Berbagai aktivitas mulai dari open house, masa orientasi dan pengenalan kampus, hingga perkuliahan dilakukan secara daring.

Salah satunya dilakukan oleh mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung. Terinspirari dari kolaborasi #DistribusiLumbungKebaikanPangan antara BEM REMA UPI dengan ACT Jawa Barat pada Agustus 2020 lalu, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UIN SGD melakukan kegiatan serupa dalam aksi besar Lumbung Sedekah Pangan dengan nama #SaeedCares.

Aksi ini merupakan sebuah proyek sosial bagi 145 mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Inggris UIN SGD. Meski pengenalan kampus dilakukan secara online, proyek sosial ini diharapkan menjadi momentum bagi mahasiswa baru untuk melihat lingkungan sekitar dan memantik jiwa kedermawanan dan kerelawanan melalui pembagian paket pangan dan masker pada Jumat (30/10).

Menyasar saudara dan tetangga terdekat di lingkungan sekitar rumah mahasiswa, mereka mendistribusikan paket pangan sederhana yang berisi beras, telur, dan gula pasir. Paket tersebut juga bisa diganti dengan memberikan 4 buah masker kepada mereka yang membutuhkan.


Partisipasi para mahasiswa UIN SGD Bandung yang terekam melalui akun Instagram ACT Jawa Barat. (ACTNews)

“Kami terinspirasi dari teman-teman UPI. Kegiatan seperti ini belum pernah dilaksanakan di jurusan kami. Kita tahu ya Covid-19 ini mengancam kesehatan dan mempengaruhi perekonomian. Maka kami ingin melakukan hal kecil dan ada perhatian kepada lingkungan sosial meski di rumah saja dalam bentuk gerakan Lumbung Sedekah Pangan,” Tutur Anggi Agum Gumelar, Presiden Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UIN SGD.

Kegiatan Orientasi dan Pengenalan Kampus yang disebut sebagai English Freshman Orientation (EFO) 2020 ini dilaksanakan selama 4 hari pada akhir pekan yaitu 31 Oktober, 1 November, dan 7-8 November 2020 secara daring. Sementara aksi Lumbung Sedekah Pangan pada Jumat lalu dilaksanakan sebagai pembuka rangkaian.


Husein Nurochman dari Tim Program ACT Jawa Barat berterima kasih dengan adanya gerakan dari mahasiswa ini. Ia pun berharap, elemen masyarakat lainnya dapat menggerakkan Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan yang telah diinisiasi ACT.

“Gerakan ini kita harapkan tidak hanya membantu para penerima manfaat, tetapi juga dapat memantik kedermawanan dari elemen masyarakat lainnya. Karenanya kami mengajak juga kepada dermawan untuk mendukung aksi kami melalui Gerakan Lumbung Sedekah Pangan. Bantuan dapat disalurkan melalui laman Indonesia Dermawan atau transfer langsung melalui BNI Syariah di nomor 44 0000 5051 atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap,” jelas Husein. []