Paket Pangan Dampingi Perjuangan Petugas Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19

Peran petugas pemakaman selama masa pandemi Covid-19 sangatlah penting. Meski peranannya sangat besar dalam penanganan jenazah pasien Covid-19, tetapi kondisi ekonomi mereka jauh dari layak. Untuk membantu perjuangan mereka, ACT berikan bantuan paket pangan dan hygiene kit.

act pekanbaru
Petugas pemakaman Karang Joang KM 15 Balikpapan menerima bantuan paket pangan dari ACT dan GNB. (ACTNews)

ACTNews, PEKANBARU – Banyaknya kasus kematian akibat Covid-19 membuat petugas pemakaman Karang Joang KM 15 Balikpapan bekerja ekstra. Kegiatan penggalian lubang makam untuk jenazah Covid-19 setiap hari mereka lakukan, jumlahnya puluhan. Melihat perjuangan mereka, ACT bersama Gerakan Nikmatnya Berbagi (GNB) berikan paket pangan dan hygiene kit.

Uswatun Hasanah dari tim Program ACT Balikpapan mengatakan, tenaga para petugas pemakaman terkuras setiap harinya. Namun mereka tidak kenal lelah dan tetap melaksanakan tugasnya dengan baik. Perjuangan mereka patut diapresiasi dan harus mendapat dukungan.

“Keadaan ekonomi para petugas pemakaman mayoritas menengah ke bawah. Meskipun pekerjaan mereka lebih ekstra selama pandemi Covid-19, bayaran mereka tetap padahal tenaga yang dikeluarkan lebih banyak dan risiko yang dihadapi sangat besar,” kata Uswatun, Jum’at (30/7/2021).

Uswatun melanjutkan, bersama GNB Kaltim paket bantuan sembako diberikan kepada 35 petugas pemakaman KM 15 Balikpapan. Paket tersebut terdiri dari beras, minuman bergizi, telur, susu, dan minyak goreng. Selain pangan, paket pangan, diberikan juga paket hygiene kit mengingat risiko terpapar Covid-19 sangat besar, sehingga kebersihan menjadi hal utama.

Koordinator Lapangan Pemakaman Covid-19 Kota Balikpapan, Fajar mengucapkan terima kasih atas bantuan paket pangan dan hygiene kit dari ACT dan GNB. Menurut Fajar, selama pandemi Covid-19 keberadaan para petugas pemakaman sangatlah penting.

“Terimakasih kepada tim ACT dan GNB atas bantuannya. Semoga keberkahan ini dapat menjadi semangat dan motivasi kami dalam mengemban tugas di pemakaman Covid-19 ini,” kata Fajar.[]