Paket Pangan dan Biaya Hidup, Bentuk Kepedulian ACT Bali Kepada Lansia

Rencananya bantuan ini akan terus diupayakan untuk berjalan setiap bulan sebagai bentuk kepedulian kepada para lansia prasejahtera di wilayah Bali dan sekitarnya.

bantuan lansia bali
Bantuan ini didistribusikan di sekitar wilayah Kota Denpasar pada Kamis (9/6/2022). (ACTNews)

ACTNews, DENPASAR – Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang dibantu oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Bali terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan pangan para lansia setiap bulan. Kebutuhan yang semakin meningkat dan kurangnya kemampuan para lansia untuk mencari nafkah, membuat mereka sering kali sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pendistribusian kali ini menyasar para lansia prasejahtera yang hidup sebatang kara dan lansia yang masih bekerja. Sebanyak sembilan lansia yang mendapat paket pangan yang berisi bahan pokok dan makanan lainnya dan juga uang tunai yang didistribusikan di sekitar wilayah Kota Denpasar pada Kamis (9/6/2022).

Ni’matul Arofah dari Tim Program ACT Bali menjelaskan, program ini rencananya akan terus berjalan setiap bulan. Selain paket pangan, program ini juga akan menghadirkan bantuan biaya hidup bagi para lansia penerima manfaat.


“ACT ini diharapkan menjadi keluarga yang tahu bagaimana kondisi para lansia. Semoga dengan program ini, semakin banyak lansia yang bisa terbantu, dan semakin banyak pula orang yang peduli akan lansia di Bali, terutama yang memang tidak memiliki sanak saudara,” kata Arofah.

Mbah Jaenem salah satunya. Perempuan yang yang berumur sekitar 70 tahun itu masih bekerja sebagai pedagang nasi hingga saat ini. Ia mengaku masih kesulitan membayar kos dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ia mengungkapkan rasa syukurnya ketika tim memberikan paket pangan dan uang tunai. Ia bersyukur karena masih ada pihak yang peduli kepada dirinya yang hidup sendirian. “Alhamdulillah, terimakasih banyak kepada ACT Bali yang masih memberikan perhatian dengan berupa bantuan kepada saya,” ucapnya. []