Paket Pangan dan Sajian Iftar Bahagiakan Pengungsi Suriah Jelang Lebaran

Menjelang hari raya Idulfitri, kedermawanan dari bangsa Indonesia menjangkau pengungsi Suriah di wilayah kegubernuran Idlib dan kota Reyhanli di provinsi Hatay, Turki. Ribuan paket pangan dan hidangan berbuka puasa dibagikan kepada pengungsi Suriah yang mencari perlindungan dari kobaran perang.

Paket Pangan dan Sajian Iftar Bahagiakan Pengungsi Suriah Jelang Lebaran' photo
Anak-anak yang menempati hunian sementara di Kota Salqin, Suriah, turut menerima paket pangan dari ACT. (ACTNews)

ACTNews, IDLIB, REYHANLI Siang itu, sejumlah truk bermuatan paket pangan terlihat terparkir di satu sudut kota Al-Janudiyah, Idlib, Suriah. Puluhan relawan yang mengenakan rompi Aksi Cepat Tanggap (ACT) dilengkapi masker dan sarung tangan terlihat sibuk mengangkut kardus-kardus itu, menyerahkannya kepada beberapa orang yang yang tengah berdiri mengantre. Sebagian relawan lain menyusuri jalanan berdebu untuk mengantarkan paket pangan tersebut ke sejumlah rumah yang dihuni para wanita dan anak-anak. Paket pangan itu berisi tepung, minyak goreng, kacang-kacangan, serta beberapa jenis bahan pangan lain yang didistribusikan kepada para pengungsi Suriah di kegubernuran Idlib.

“Pendistribusian bantuan pangan ini berlangsung selama tiga hari, dari Rabu (20/5) hingga Jumat (22/5),” tutur Said Mukaffiy dari Global Humanity Response (GHR) – ACT. Said menambahkan bahwa pendistribusian paket-paket berisi makanan pokok ini menjangkau para pengungsi internal di kota Al-Janudiyah, Salqin, dan Aqrabat di wilayah Idlib. “Bekolaborasi dengan Indonesia Dermawan, Spesial Sambal, Ibu Lina Liputri, Kitabisa, serta Bamuis BNI, ACT mengirimkan paket berisi makanan pokok kepada ratusan keluarga di wilayah Idlib. Sasaran utama penerima manfaat bantuan pangan ini adalah keluarga miskin dan yatim Suriah yang melarikan diri dari peperangan dan menjadi pengungsi di negeri sendiri,” jelasnya.