Paket Pangan Kapal Ramadhan Mulai Dikemas

Paket Pangan Kapal Ramadhan Mulai Dikemas

ACTNews, SIDENRENG RAPPANG - Hari itu kian dekat, hari di mana Kapal Ramadhan akan memulai perjalanannya ke Indonesia Timur. Kapal ini akan membawa berkah Ramadan hingga ke pelosok negeri, khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur, provinsi dengan angka kemiskinan tertinggi ketiga di Indonesia. Ratusan ton paket pangan akan diangkut, bersamaan dengan puluhan relawan pendistribusian maupun medis.

Proses pengemasan ratusan ton bahan pangan mengawali perjalanan Kapal Ramadhan untuk pelosok negeri ini. Dari Desa Anabanna, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, sekitar 100 ton sembako mulai dikemas pada Senin (28/5). Sidenreng Rappang (Sidrap) merupakan salah satu sentra penghasil beras terbesar di Sulawesi Selatan. 

Badan selaku Koordinator Persiapan Paket Pangan Kapal Ramadhan di Kabupaten Sidrab mengatakan, bahan pangan yang disiapkan berupa sembako seperti minyak kelapa, gula, dan beras.

 

“Beras yang akan dikirim ke saudara-saudara kita di NTT juga berasal dari kabupaten ini,” ungkap Badan.

Pemandangan yang tak asing pun terlihat dari gudang beras yang juga berfungsi sebagai tempat penggilingan padi. Lima puluh relawan dengan tangkasnya membawa, memilah, dan mengemas bahan pangan dalam sebuah kardus. Semua dilakukan secara berulang hingga bahan pangan tersebut rampung dikemas dalam 10 ribu paket pangan.

Badan menambahkan, proses pengemasan 10 ribu paket pangan tersebut ditargetkan rampung pada Selasa (29/5). “Oleh karena itu, hari ini kami melibatkan sekitar 50 relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sulawesi Selatan. Insya Allah, Selasa esok, akan ada puluhan relawan tambahan lagi yang akan membantu proses pengemasan,” jelas Badan.

 

Untuk saudara sebangsa

Merampungkan pengemasan 10 ribu paket pangan dalam waktu singkat merupakan tantangan tersendiri bagi Herwanto Herwan, yang mengkoordinir relawan pengemasan paket pangan Kapal Ramadhan di Kabupaten Sidrap. Namun, ia bersama puluhan relawan lainnya terus berikhtiar untuk menyelesaikan pengemasan paket pangan hingga waktu yang ditentukan.

“Karena ini untuk saudara sebangsa. Saya sendiri merasa kegiatan ini sangat berarti. Ini salah satu bentuk ikhtiar saya untuk bantu saudara-saudara saya di Indonesia Timur, khususnya daerah-daerah terpencil di NTT,” ungkap Herwanto, relawan MRI Makassar.

 

Ikhtiar baik ini juga didasari niatan kuat untuk meraih amalan terbaik di bulan Ramadan. Hal ini diungkapkan oleh Sudirman Tompo, relawan MRI Makassar lainnya yang ikut dalam proses pengemasan bahan bangan.

“Saya pribadi melihat ini sebagai ladang amal yang perlu kita manfaatkan, apalagi di bulan suci Ramadan. Di bulan terbaik ini, kita harus mewujudkan amalan terbaik,” tutur Sudirman.

Pengemasan bahan pangan Ramadan kala itu dilakukan oleh puluhan relawan dari berbagai daerah. Sebagian besar dari mereka berasal dari Makassar. Ada pula yang berasal dari Kabupaten Sidrab dan Kabupaten Soppeng.

 

Insya Allah, Selasa (29/5) sore, ribuan paket pangan yang sudah dikemas akan diangkut oleh belasan truk menuju Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru. Paket pangan tersebut akan dimuat ke dalam Kapal Ramadhan, yang segera berlayar pada Rabu (30/5). []