Paket Pangan Ramadan Sapa Pegiat Literasi di Surabaya

Tepat di Hari Buku Nasional, Ahad (17/5), ACT Jawa Timur bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jawa Timur menyalurkan paket pangan untuk pegiat literasi dan masyarakat binaan Yayasan Taman Baca Rumah Kita Surabaya.

Penyerahan paket pangan Ramadan untuk warga binaan Yayasan Taman Baca Rumah Kita. (ACTNews/Imam Syafi'i)

ACTNews, SURABAYA – Tepat di Hari Buku Nasional, Ahad  (17/5), ACT Jawa Timur bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jawa Timur menyalurkan paket pangan untuk pegiat literasi dan masyarakat binaan Yayasan Taman Baca Rumah Kita Surabaya. Taman Baca ini bergerak mengedukasi masyarakat di kawasan perkampungan padat penduduk di daerah Tenggilis Mejoyo.

Pembina Taman Baca Rumah Kita, Prof. Dr. Muchlas Samani, Rektor Universitas Negeri Surabaya periode 2008-2021, menyatakan terima kasih atas perhatian ACT turut mendukung pemberdayaan dan literasi masyarakat. Kepeduliaan ini semakin menguatkan peran Yayasan Taman Baca Rumah Kita sebagai sentra pembelajaran dan literasi bagi masyarakat prasejahtera.

"Ini menjadi ikhtiar kami untuk memberikan akses pendidikan bagi masyarakat prasejahtera melalui pendampingan belajar gratis. Kami menggerakkan relawan pengajar dari berbagai universitas untuk menjalankan program-program pembelajaran dan literasi," kata Muchlas.

Kepala Cabang ACT Jawa Timur Wahyu Sulistianto Putro menyampaikan, kolaborasi dalam meredam dampak Covid-19 berperan penting bagi masyarakat. ACT Jawa Timur berusaha menjangkau lebih banyak kalangan masyarakat. "Alhamdulillah di momen Hari Buku Nasional bersama BI dan BMPD Jatim, kita turut membantu pegiat literasi yang terdampak Covid-19," kata Wahyu. Ia menjelaskan, peran para pegiat literasi juga tidak boleh dilupakan dalam mengawal budaya membaca di masyarakat.

Sementara itu, ACT Jawa Timur selama masa darurat pandemi ini telah melakukan berbagai upaya untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19, antara lain Operasi Pangan Gratis, Operasi Makan Gratis, dan dukungan untuk tenaga kesehatan. []