Paket Pangan Rekahkan Senyum Siswa Tahfiz Alquran Suriah

Paket Pangan Rekahkan Senyum Siswa Tahfiz Alquran Suriah

Paket Pangan Rekahkan Senyum Siswa Tahfiz Alquran Suriah' photo

ACTNews, REYHANLI – Lantunan ayat suci Alquran menggema di salah satu ruang studi pembelajaran Alquran di Kota Reyhanli, kota perbatasan Turki-Suriah. Hari itu, anak-anak diminta bergiliran membaca surat-surat Alquran yang telah mereka hafal. Akhir Desember 2018 lalu, tepatnya Ahad (29/12), menjadi salah satu hari istimewa bagi mereka. Selain aktivitas menghafal seperti biasanya, hari itu Aksi Cepat Tanggap (ACT) hadir membawa hadiah berupa paket pangan untuk mereka dan keluarga.

Paket pangan tersebut diangkut langsung dari Indonesia Humanitarian Center (IHC) di Reyhanli. IHC didirikan untuk membantu para pengungsi Suriah–warga sipil penyintas konflik di negara asalnya–yang kini tinggal di kota tersebut. Tiap bulannya, IHC menyuplai ribuan paket logistik ke belasan yayasan yatim, yayasan rehabilitas, dan kamp-kamp pengungsian para penyintas konflik Suriah.

“Paket pangan IHC kali ini untuk anak-anak yatim Suriah yang belajar menghafal Alquran,” kata Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response (GHR) - ACT yang berada di Reyhanli.

Distribusi paket pangan dari IHC Reyhanli telah berlangsung sejak Maret 2018 lalu. Ribuan paket logistik yang terdiri dari bahan makanan antara lain seperti gula, makaroni, minyak sayur, dan perlengkapan sanitasi itu didistribusikan bergiliran melalui lembaga-lembaga lokal yang telah bekerja sama dengan ACT.

“Kami berterima kasih kepada ACT yang telah memberikan paket pangan IHC, semoga Allah membalas kebaikan kalian,” ungkap salah satu penerima manfaat.

Pada September hingga Oktober 2018, IHC ACT di Reyhanli telah mendistribusikan sekitar 1.700 paket bahan pangan bagi pengungsi Suriah.

Sampai saat ini, IHC Reyhanli telah menjangkau puluhan ribu keluarga pengungsi Suriah di berbagai wilayah, mencakup wilayah perbatasan seperti Hatay, Sanliurfa, Kilis, dan Gaziantep, maupun di kota-kota yang terletak di negara Suriah seperti Idlib, Aleppo, Hama, dan beberapa sub-urban seperti Killi, Hazano, dan Jisr Ash Shughur.

IHC juga memiliki program pangan lainnya, yaitu penyediaan 16.000 lembar khobz (roti bundar pipih) setiap harinya. []

Bagikan