Paket Pangan Ringankan Beban Penyintas Longsor Sumedang

Berpekan-pekan penyintas longsor Sumedang hidup dikepung bencana. Mereka kini tengah kembali bangkit dan membutuhkan bantuan.

serah terima bantuan
Serah terima sedekah untuk warga terdampak longsor Sumedang. (ACTNews)

ACTNews, SUMEDANG – Genap satu bulan setelah masa tanggap darurat longsor Cimanggu, Kabupaten Sumedang, dan tim Aksi Cepat Tanggap dan relawan Masyarakat Relawan Indonesia terus mendampingi penyintas bencana. Regu penyelamat, posko kemanusiaan serta berbagai bantuan hingga kini terus mengalir untuk warga terdampak bencana. Bantuan tersebut merupakan buah kedermawanan masyarakat yang disalurkan melalui ACT.

Kali ini, ACT didukung oleh bjb GreatPeople Peduli membersamai korban terdampak longsor. Bantuan berupa kebutuhan pangan didistribusikan melalui Posko Kemanusiaan ACT yang ada di wilayah Kecamatan Cimanggu. Ada 150 paket pangan yang serahkan untuk warga terdampak longsor pada Rabu (24/2/2021).

“Bjb GreatPeople Peduli merupakan program internal dari Bank bjb, di mana kami menyisihkan penghasilan untuk hal yang sifatnya kemanusiaan kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Pemimpin KCP Bjb Tanjungsari, Cabang Sumedang Dony Kurniawan.

Serah terima bantuan dari karyawan Bank Bjb ini dihadiri oleh Kepala Desa Cihanjuang, perwakilan karang taruna setempat, petugas keamanan serta perwakilan penyintas. Dony berharap, dengan adanya bantuan ini mampu mengurangi beban para penyintas yang saat ini tengah mencoba kembali bangkit pascabencana.

Pendistribusian ini merupakan buah kerja sama Bank Bjb dengan ACT Bandung. Ke depannya, ACT bakal terus mendampingi para penyintas dengan berbagai program, salah satunya kebangkitan ekonomi. “Semua yang ACT salurkan merupakan buah kedermawanan masyarakat. Hingga kini kami terus membuka kesempatan baik tersebut untuk mendampingi para korban bencana,” ungkap Koordinator Program ACT Jawa Barat Husen Nurochman.

Sebelumnya, ACT telah mendistribusikan paket peralatan kebersihan bagi penyintas longsor Sumedang. Bantuan ini diberikan agar penyintas bisa terhindar dari virus Covid-19 yang tengah mewabah.[]