Pandemi Covid-19, ACT Pantau Kesehatan Anak dan Ibu Yaman

Pemeriksaan kesehatan anak-anak Yaman menjadi ikhtiar rutin yang dilakukan Aksi Cepat Tanggap. Pada April ini bertepatan dengan melandanya Covid-19, kegiatan ini kembali dilakukan.

Pandemi Covid-19, ACT Pantau Kesehatan Anak dan Ibu Yaman' photo
Balita di Hamadan menjalani pemeriksaan di Unit Kesehatan Ablas, Yaman. (ACTNews)

ACTNews, SANAA Pelayanan kesehatan dan suplemen gizi kembali digelar untuk anak-anak dan ibu hamil di Kegubernuran Sanaa, Yaman. Pertengahan April ini, relawan medis Aksi Cepat Tanggap di Yaman melakukan cek kesehatan di Unit Kesehatan Qa’a Al irrah dan Unit Kesehatan Ablas, distrik Hamadan.

Lebih dari 3.000 balita menikmati cek kesehatan gratis dan suplemen bergizi di unit kesehatan Qa’a Al-irrah. Di antara pasien itu, masih ditemukan balita dengan keadaan gizi buruk sebanyak 74 orang. Selain Balita, sejumlah 1.360 ibu hamil dan menyusui juga turut merasakan fasilitas cek kesehatan gratis. Dari lebih 1.300 pasien, ditemukan sekitar 210 ibu hamil dan menyusui juga mengurangi kekurangan gizi menengah. Hal ini tentu menjadi perhatian tenaga medis sebab kondisi tersebut dapat memengaruhi kehidupan anak dikandungnya.

Sementara itu, di Unit Kesehatan Ablas2.177 balita menjalani cek kesehatan. Sebanyak 272 di antaranya masih menderita busung lapar akut dan 521 lainnya mengalami busung lapar menengah.

Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response (GHR) – ACT menerangkan, pemeriksaan kesehatan dilakukan kepada anak-anak serta ibu hamil dan menyusui di Sana’a. Cek kesehatan dilakukan sebagai bentuk ikhtiar menjaga gizi anak-anak dan para ibu hamil di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia.

“Anak-anak Yaman sudah lama menderita akibat konflik berkepanjangan. Belum lagi, kekhawatiran meningkat di saat pandemi seperti saat ini. Anjloknya keadaan ekonomi juga membuat keluarga mereka di Yaman, khususnya Sana’a, tidak dapat memenuhi gizi anak-anak serta ibu yang tengah mengandung sehingga menghambat pertumbuhan,” kata Said. Ikhtiar ACT membersamai anak-anak Yaman terus dilakukan sejalan dengan dukungan para dermawan.[]


Bagikan