Pandemi Saat Ramadan, Ada Iftar Gratis untuk Pekerja Informal di NTB

Masuk Ramadan, ACT NTB pada Sabtu (25/4) mendistribusikan hidangan siap santap untuk menyambut berbuka. Pekerja informal serta masyarakat prasejahtera jadi target utama penerima manfaat.

Pandemi Saat Ramadan, Ada Iftar Gratis untuk Pekerja Informal di NTB' photo
Pendistribusian sajian iftar ke pelintas di Jalan Majapahit, Mataram. (ACTNews)

ACTNews, MATARAM – Pandemi Covid-19 terus meluas, bahkan di bulan Ramadan ini. Dampak sosial ekonomi pun kian dirasakan, utamanya bagi masyarakat prasejahtera yang manggantungkan nafkah pada kerja harian. Kebutuhan pangan menjadi salah satu kebutuhan yang sulit dipenuhi saat ini.

Di bulan suci ini, ACT Nusa Tenggara Barat berbagi pangan untuk saudara-saudara yang membutuhkan. Bertempat di Jalan Utama Majapahit, Mataram, ACT Nusa Tenggara Barat pada Sabtu (25/4) lalu mendistribusikan hidangan santap untuk berbuka puasa. Aksi ini merupakan bagian dari program Operasi Makan Gratis dari ACT untuk penanggulangan wabah Covid-19. 

Romi Saefudin dari Tim Program ACT NTB mengatakan, paket iftar ini diberikan selain dalam rangka Ramadan, juga memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di tengah pandemi. Penerima manfaatnya pun mereka yang pekerjaannya terdampak akibat adanya wabah Corona. Misalnya saja pengemudi ojek daring, sopir taksi, hingga petugas kebersihan.

Banyak masyarakat yang terdampak karena tempat kerja atau tempat usaha mereka terpaksa ditutup selama pandemi ini. Ditambah lagi banyaknya kejadian PHK yang mengakibatkan mereka tidak berpenghasilan lagi,” jelas Romi, Sabtu (25/4). Selain makanan siap santap, ACT juga membagikan masker ke pelintas. Bantuan masker tersebut merupakan amanah dari alumni Pondok Pesantren Nurul Hakim 2015.

Seperti Ramadan sebelumnya, ACT akan merutinkan aksi pembagian makanan siap santap ini. Hal ini merupakan upaya ACT untuk meringankan beban pekerja harian, terlebih sekarang sedang ada pandemi.

Romi menambahkan, bantuan iftar tersebut merupakan hasil kolaborasi ACT dengan beberapa warung makan. “Masyarakat luas pun bisa terlibat dalam aksi kebaikan ini dengan ikut berdonasi melalui situs Indonesia Dermawan,” tambah Romi.

Selain di NTB, ACT juga terus meluaskan aksi Operasi Makan Gratis. Setelah berkolaborasi dengan warteg di ibu kota dan sekitarnya. Di Ramadan kini giliran beberapa warung makan lamongan yang ikut menyediakan hidangan siap santap bagi masyarakat prasejahtera.[]