Panen Raya Bangkitkan Optimisme dan Kemandirian Petani Anjir Serapat Muara I

Panen raya tiba bagi petani binaan Global Wakaf-ACT di Desa Anjir Serapat Muara I, Anjir Muara, Barito Kuala, awal September ini. Sambutan meriah pun datang dari berbagai pihak.

petani prasejahtera
Kemeriahan dalam momentum panen raya petani di bawah binaan MPPI Unit Anjir Serapat Muara I. (ACTNews/Fikri)

ACTNews, BARITO KUALA Wajah bahagia terpancar dari para petani di Desa Anjir Serapat Muara I, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala. Betapa tidak, setelah melalui masa tanam, pada Sabtu (4/9/2021) pagi, petani mulai memetik hasilnya. Mereka menggelar panen raya.

Petani yang berjumlah 20 orang ini tergabung dalam Masyarakat Produsen Pangan Indonesia Unit Anjir Serapat Muara I. Mereka merupakan petani binaan Global Wakaf-ACT yang didukung permodalan. Harapannya, lewat pendampingan serta permodalan ini, petani dapat terlepas dari jeratan rentenir, tengkulak dan pertanian mereka dapat mandiri.

Kegiatan panen raya petani di Desa Anjir Serapat Muara I ini turut dihadiri tim Aksi Cepat Tanggap (ACT), Kelompok Tani Maju Bersama, Kepala Desa, hingga pihak keamanan dari unsur polisi dan TNI. Dalam kesempatan ini Kepala Cabang ACT Kalimantan Selatan Zainal Arifin mengatakan, panen raya kali ini merupakan yang pertama sejak adanya pendampingan petani dari Global Wakaf-ACT.

“Hari ini, bersama petani binaan program MPPI dari Global Wakaf, yang tergabung dalam Kelompok Tani Maju Bersama menyambut keberkahan. Dana yang tersalurkan untuk petani di sini merupakan amanah dari mitra kami Amanah Borneo Park,” jelas Zainal.

Ke depannya, tambah Zainal, program pendampingan petani akan terus digalakkan, bahkan mampu meluas dan menjangkau banyak petani. Dengan semangat tersebut, diharapkan juga petani mampu terlepas dari ketergantungan utang dengan rentenir serta jeratan tengkulak yang merugikan.

Di momentum yang sama, Bhabinkamtibmas Desa Anjir Serapat Muara I, Brigadir Ahmad Murdhany menyambut baik kehadiran Masyarakat Produsen Pangan Indonesia atau MPPI di desa yang dibinanya. Karena, kehadiran MPPI di desa ini sangat berdampak pada aspek perekonomian maupun aspek keamanan.

“Mengapa saya sebut aspek keamanan, karena jika roda ekonomi warga Desa Anjir Serapat Muara I bagus, otomatis tindak kejahatan seperti pencurian akan berkurang. Karena perekonomian di desa ini sudah menjamin kehidupan mereka,” tutur Murdhany.[]