Pascabencana Luwu Beberapa Desa Masih Terisolir

Bencana yang menerjang Luwu pada Ahad (3/10/2021), hingga kini masih menyisakan duka. Beberapa desa dilaporkan masih terisolir, listrik terputus dan aksesnya tertutup lumpur tebal.

banjir luwu
Relawan MRI-ACT mengunjungi salah satu titik pengungsian di Luwu untuk melalukan asesmen dan pendistribusian bantuan. (ACTNews)

ACTNews, LUWU – Pasca banjir dan longsor yang menerjang Luwu pada Ahad (3/10/2021), hingga kini aliran listrik ke Desa Sangtandung, Kecamatan Walenrang Utara masih terputus. Tiang listrik yang menjadi penopang kabel tumbang diterjang bencana. Akses jalan menuju desa tersebut pun masih tertutup lumpur yang membuat penanganan agak terkendala.

Sejumlah keluarga yang tersebar di berbagai dusun di Desa Sangtandung terdampak bencana. Rumah-rumah terendam material lumpur yang terbawa banjir. Bahkan, beberapa keluarga harus rela meninggalkan rumah mereka karena berada di tepian sungai dan berpotensi terjadi longsor susulan.

Sampai saat ini, tim Aksi Cepat Tanggap bersama Relawan Masyarakat Relawan Indonesia terus melakukan asesmen awal untuk segera memberikan pertolongan dan bantuan yang tepat, termasuk ke wilayah yang masih terisolir.

“Tim kami terus berupaya menjangkau berbagai pelosok Luwu yang masih terisolir pascabencana. Penyaluran bantuan dari dermawan juga terus dilakukan,” jelas Takdir, Koordinator Relawan MRI-ACT Sulawesi Selatan, Jumat (08/10/2021).

Sampai saat ini, tambah Takdir, bantuan kemanusiaan terus berdatangan ke Posko Kemanusiaan ACT yang berlokasi di Jalan Trans Sulawesi Palopo-Masamba, Dusun Parembunan Utara, Desa Walenrang, Kecamatan Walenrang, Luwu. Pendistribusian pun terus berlangsung, akan tetapi beberapa kendala harus dihadapi.

“Asesmen yang kami lakukan agar bantuan tepat sasaran, khususnya untuk warga di pelosok Luwu yang belum tersentuh bantuan. Tantangannya kini adalah akses menuju lokasi tertutup lumpur tebal,” ungkap Takdir.

Untuk masyarakat yang ingin ambil bagian membantu saudara yang tertimpa bencana di Luwu dapat mengirimkan bantuannya langsung ke Posko Kemanusiaan ACT atau kemudahan bersedekah melalui Indonesia Dermawan.[]