Pascagempa, Berbagai Bantuan Kemanusiaan Didistribusikan di Lebak

Pascagempa, Berbagai Bantuan Kemanusiaan Didistribusikan di Lebak

ACTNews, LEBAK - Beberapa hari pascagempa di Lebak, Banten, berbagai bantuan kemanusiaan telah didistribusikan Aksi Cepat Tanggap (ACT) kepada warga terdampak. Rabu (24/1), posko kemanusiaan didirikan untuk menampung berbagai bantuan kemanusiaan. Posko tersebut berlokasi di Kampung Gempol 2, Desa Sawarna, Kecamatan Bayah. Pembukaan posko kemanusiaan ini juga dibarengi dengan pendistribusian terpal bagi warga yang rumahnya rusak parah akibat gempa.

Tidak hanya kebutuhan logistik, sebagian warga juga membutuhkan pangan. Hal ini mengingat gempa telah membuat persediaan bahan makanan mereka turut rusak tertimpa reruntuhan. Menanggapi kebutuhan mendesak tersebut, Tim Emergency Response ACT kembali menyalurkan bantuan berupa beras kepada para korban gempa, Kamis (25/1).

“Hingga Kamis (26/1), warga masih mengungsi dan belum dapat keluar dari rumahnya. Oleh karenanya, tim kami langsung menyalurkan berbagai bantuan yang dibutuhkan korban,” terang Lukman Solehuddin, Kordinator Tim Emergency Response ACT untuk bencana gempa Lebak.

Sebanyak 20 karung beras atau setara dengan lima kuintal didistribusikan ke posko induk Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. Pendistribusian bantuan beras tersebut difokuskan pada warga yang rumahnya mengalami kerusakan ringan dan berat. 

“Bantuannya untuk 130 KK yang rumahnya rusak ringan dan 18 KK yang rumahnya rusak berat. Mereka mendiami rumah masing-masing, dan sebagian mengungsi ke rumah tetangga atau saudara,” ujar Lukman.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,1 SR sempat mengguncang wilayah Lebak, Banten pada Selasa (23/1) lalu. Getaran yang begitu kuat bahkan terasa hingga wilayah DKI Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor, Bandung, Lampung, dan Bantul. 

Sementara di pusat gempa, yakni di Kabupaten Lebak, Banten, guncangan hanya berlangsung waktu singkat. Namun demikian, guncangan tersebut telah menyebabkan banyak rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan di Kabupaten Lebak. Sekitar 1.269 Rumah di Lebak rusak, 146 unit rusak berat, dan 1.123 unit lainnya rusak ringan. []

Tag

Belum ada tag sama sekali