Pasokan Pangan untuk Tingkatkan Stamina Tenaga Medis di Malang

Dukungan bagi tenaga medis saat ini amat penting, baik itu dukungan moral, APD, maupun asupan makanan yang bergizi.

Pasokan Pangan untuk Tingkatkan Stamina Tenaga Medis di Malang' photo
Relawan ACT Malang menyerahkan bantuan pangan kepada tenaga medis di RS Saiful Anwar, Kota Malang dengan salam hormat. (ACTNews/Saiful Anam)

ACTNews, MALANG - Meningkatnya kasus positif Covid-19 di Indonesia menuntut tenaga medis untuk berjuang lebih keras dalam menangani pasien terdampak. Tak jarang dari mereka yang kewalahan dan kesehatannya menurun. Di masa darurat pandemi corona ini, ACT Malang turut mendukung perjuangan para pahlawan medis sebagai garda terdepan. Salah satunya dengan menyediakan asupan pangan tenaga medis untuk menjaga stamina mereka selama bertugas.

Ahad (22/03), ACT Malang mendistribusikan 250 kotak roti kepada para tenaga medis di Rumah Sakit Saiful Anwar, Kota Malang. Rumah sakit tersebut merupakan rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien Covid-19.

Diki Taufiq Sidik selaku Kepala Cabang ACT Malang menjelaskan, dukungan bagi tenaga medis saat ini amat penting, baik itu dukungan moral, APD, maupun asupan makanan yang bergizi. “Bantuan ini juga merupakan amanah dari dermawan Indonesia. Meski pandemi ini melanda bangsa kita, namun tidak menyurutkan kepedulian dan kedermawanan publik. Justru kondisi ini semakin menguatkan seluruh elemen masyarakat, seperti dukungan untuk tenaga medis ini,” tambah Diki.

Ke depannya, ACT Malang berupaya memenuhi kebutuhan alat-alat pendukung kerja bagi tenaga medis dan relawan yang masih bergerak. Misalnya saja Alat Pelindung Diri (APD) dan cairan antiseptik. “Hal ini mengingat sampai saat ini permintaan kebutuhan APD dan hand sanitizer dari berbagai rumah sakit sangat tinggi. ACT Malang dihubungi beberapa rumah sakit meminta disediakan APD,” imbuh Diki. 

Selain penyediaan pangan bagi tenaga medis, ACT Malang juga berupaya menggencarkan mitigasi penyebaran pandemi corona kepada masyarakat. Beberapa di antaranya adalah penyuluhan kesehatan dan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum.

Peningkatan penyebaran wabah virus corona semakin cepat setiap harinya. Hingga Rabu (25/3), total pasien yang dinyatakan positif corona sebanyak 790 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 58 orang. Malang pun saat ini merupakan zona merah Covid-19, yang mana beberapa warganya telah positif terjangkit virus corona. []


Bagikan