Pasukan Israel Kembali Serang Petani dan Nelayan Palestina

Pasukan Israel menyerang petani Palestina di Kota Deir Al Balah yang ingin berkebun. Di wilayah pesisir, nelayan Palestina yang tengah melaut juga diserang sampai perahu yang ditumpangi rusak.

petani dan nelayan palestina diserang
Ilustrasi. Tank Israel menyerang Gaza. (WAFA)

ACTNews, DEIR AL-BALAH – Pasukan Israel pada Senin (10/1/2022) menyerang petani Palestina di timur Kota Deir al-Balah, Gaza. Selain itu, militer Israel juga menyerang nelayan di pantai utara Gaza. 

Dilansir dari kantor berita resmi Palestina WAFA, pasukan Israel yang ditempatkan sepanjang perbatasan sebelah timur Deir al-Balah, melepaskan tembakan ke arah petani yang hendak pergi ke kebun..  

Selain petani, pasukan Israel juga menyerang nelayan yang sedang melaut di pantai al-Sudaniya, sebelah barat kota Gaza. Serangan ini menyebabkan satu perahu rusak dan memaksa para nelayan untuk kembali ke pelabuhan demi keselamatan.

Firdaus Guritno dari Tim Global Humanity Response ACT menjelaskan, tindakan semena-mena Israel sudah di luar batas. Gangguan pasukan Israel bukan sekedar ancaman, namun sudah menjadi tindakan yang menghancurkan ekonomi masyarakat Gaza.

Untuk melawan ini, lanjut Firdaus, ACT sebagai lembaga kemanusiaan terus berusaha agar petani dan nelayan Palestina tetap bisa bekerja dan hidup. Bentuk usaha tersebut antara lain dengan memberikan bantuan modal bertani dan modal perahu.

“Mereka, masyarakat Gaza, berjuang dengan segenap hidup mereka, kita yang berada jauh bisa mendukung dengan bantuan terbaik untuk kesejahteraan mereka. Ayo bersamai perjuangan masyarakat Palestina,” kata Firdaus.[]