Pedesaan di Aceh Tamiang Dapat Kiriman Air Bersih

Musim kemarau telah melanda tanah Serambi Mekkah, Aceh. Kekeringan pun mulai menghantui warga. Mereka kini kesulitan mendapatkan air bersih karena sumber air yang mengering.

Pedesaan di Aceh Tamiang Dapat Kiriman Air Bersih' photo

ACTNews, ACEH TAMIANG Merespons kekeringan di berbagai daerah, Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus mendistribusikan air bersih untuk kebutuhan warga. Kali ini, warga di Desa Dewa Tanjung Genting, Kecamatan Kejuran Muda, Kabupaten Aceh Tamiang yang mendapatkan air bersih pada Ahad (28/7).

Laila Khalidah dari Tim Program ACT Aceh mengatakan, pendistribusian air bersih kala itu untuk memenuhi kebutuhan air yang sudah sangat mendesak di banyak desa di Serambi Mekkah. Musim kemarau yang sudah datang beberapa bulan terakhir ini mengurangi volume air yang didapatkan warga.

Penyaluran air bersih ini diharapkan mampu mengurangi dampak kekeringan yang melanda di sana. Hal itu karena sungai tak dapat lagi diandalkan karena mengering,” jelas Laila.


Ahad itu, ACT mendatangkan dua mobil tangki atau setara 8 ribu liter air. Dari truk tangki, air dipindahkan ke tandon yang telah warga siapkan. Ratusan warga antre tertib untuk mendapatkan jatah air bersih.

Pendistribusian air bersih dibantu tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan Duta Wisata Aceh Tamiang. Lokasi distribusi yang jauh dari kota menjadi salah satu tantangan yang harus dilewati relawan serta tim ACT untuk mengirimkan air.

Sambutan baik datang dari warga desa. Mereka mengharapkan pendistribusian air serupa akan dilakukan secara rutin. Hal itu mengingat warga kini hanya bergantung pada bantuan air atau terpaksa membeli dengan harga yang cukup mahal.

“Saat ini akan kami rencanakan untuk pendistribusian kembali. Selain itu ada rencana untuk membangun Sumur Wakaf dari Global Wakaf untuk jangka panjang. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kekeringan yang memang setiap tahun melanda,” tambah Laila. []

Bagikan