Peduli Al-Aqsa, Instagram @tausiyahku_ Serahkan Donasi Kepada ACT

Peduli Al-Aqsa, Instagram @tausiyahku_ Serahkan Donasi Kepada ACT

Peduli Al-Aqsa, Instagram @tausiyahku_ Serahkan Donasi Kepada ACT' photo

ACTNews, JAKARTA - Ketika Anda memutuskan membuat akun di media sosial, khususnya Instagram, apa tujuan Anda? Memamerkan hobi, mengisinya dengan selfie, atau justru berjualan untuk meraup rezeki? Apapun itu, akun media sosial yang ditujukan untuk dakwah masih terbilang sedikit dalam proporsi.

Akun @tausiyahku_ adalah satu dari minoritas itu. Dengan Instagram, Twitter, dan Facebook sebagai salurannya, akun ini menyebarkan dakwah. Ia mengajak rakyat Indonesia agar menjadi manusia yang berkualitas dan bertakwa. Followers-nya yang ribuan cukup menjadi indikator kualitas konten positif yang disebarkan oleh  akun ini.

Namun, bukan hanya dakwah, @tausiyahku_ juga melakukan tindakan konkret untuk menolong umat Muslim, bahkan kepada Muslim yang berada ribuan kilometer jauhnya. Ketika situasi Al-Aqsa memanas sejak tragedi 14 Juli lalu, @tausiyahku_ menggalang dana untuk saudara mereka di Palestina.

“Ketika teman-teman Muslim di Palestina menolak masuk masjid Al-Aqsa karena kebijakan keamanan Israel, tim kami jadi gemas ingin berbuat sesuatu. Kami pun sepakat untuk menggalang donasi, dengan harapan ini bisa membantu. Karena kalau cuma kami yang berdonasi, jumlah kami hanya sedikit. Alhamdulillah, respons dari followers dan akun-akun lain luar biasa. Followers berdonasi, dan akun-akun lain juga membantu mempublikasi program ini,” tutur Dwi Hermawanto, salah satu tim penulis konten @tausiyahku_.

Penggalangan dana hanya dilakukan dalam 10 hari, dari tanggal 20 Juli sampai 31 Juli 2017. Namun, jumlah yang dikumpulkan Dwi dan koleganya luar biasa. Sebanyak Rp 188 juta berhasil digarap dan diserahkan pada tim Aksi Cepat Tanggap pada Rabu lalu (2/8).

“Kami tidak ingin terlalu lama mengumpulkan donasi, karena donasi ini masuk ke rekening pribadi dan kami tidak punya tim khusus untuk mengelolanya. Awalnya, kami kaget juga karena jumlah yang dikumpulkan begitu banyak, karena dari awal kami sudah mengatakan bahwa donasi ini akan masuk rekening pribadi sebelum disalurkan pada ACT. Jadi, kalau followers tidak percaya kami, silakan berikan langsung ke ACT. Tapi, mungkin karena followers melihat kami amanah, alhamdulillah kami bisa mengumpulkan uang sebanyak ini,” jelas Dwi.

Mengenai penggalangan dana untuk sahabat teraniaya, Dwi mengaku hanya dilakukan secara kondisional. Memang benar, pengumpulan donasi ini adalah yang ketiga untuk Palestina, tapi itu semata-mata karena konflik Palestina yang tidak berkesudahan. Namun, tetap saja, program ini bukan program rutin yang dilakukan @tausiyahku_. Dwi menegaskan bahwa fokus utama dari timnya adalah untuk berdakwah.

“Kami juga mengumpulkan donasi selama Ramadan. Tapi untuk kasus Palestina ini, sifatnya kondisional. Lalu karena kami tidak bisa ke sana secara langsung, kami pun menyalurkannya ke lembaga seperti ACT,” kata Dwi.

Berbagai peristiwa menarik pun terjadi selama masa pengumpulan dana. Dwi menceritakan, ada salah satu follower yang berdomisili di Jerman dan ikut berdonasi. Bahkan, ada perkumpulan tenaga kerja Indonesia di Hongkong yang menghimpun dana di komunitas mereka sebelum mendonasikannya pada @tausiyahku_.

Dwi pun mengingatkan betapa pentingnya membantu para Muslim, selagi pemerintah tidak memiliki kewenangan penuh untuk mencampuri urusan di luar kedaulatannya. Kita, warga biasa, dapat berinisiatif dan bersinergi untuk membantu sebisa kita.

“Harapan saya satu: agar Palestina bisa merdeka. Tapi kemerdekaan mereka akan sulit dicapai tanpa bantuan kita. Saya juga berharap agar ACT tidak hanya bergerak ke bawah (top-down), tapi juga bergerak ke atas (bottom-up), seperti dengan bersinergi dengan pemerintah, untuk membantu Palestina,” tutup Dwi.

Perkembangan media dan teknologi membuat jarak bisa ditipiskan. Selama digunakan untuk kebaikan, media dan teknologi bisa membuahkan manfaat yang masif. Tidak menutup kemungkinan juga, komunikasi penyebaran informasi melalui media dan teknologi bisa memberikan rakyat Palestina kemerdekaan yang mereka berhak dapatkan. Insya Allah. []

Tag

Belum ada tag sama sekali

Bagikan