Peduli Anak Jalanan Agar Hidup Lebih Baik

Ada tiga bentuk bantuan yang diberikan kepada sejumlah anak jalanan di Bandung, yaitu paket pangan gratis, beasiswa belajar, serta pemberdayaan ekonomi keluarga melalui penyaluran mesin jahit dan pelatihan menjahit.

Anak jalanan usia 5-10 tahun binaan KPM Dewi Sartika berfoto bersama setelah berlatih futsal. (ACTNews)

ACTNews, BANDUNG - Didukung PT. Jasa Sarana, Tim ACT dan MRI Jawa Barat  mengadakan aksi kemanusiaan bersama dengan Kelompok Perempuan Mandiri (KPM) Dewi Sartika, Dago, Bandung, Jawa Barat. Puluhan anak jalanan usia 5-10 tahun binaan KPM Dewi Sartika yang tersebar di 10 titik kota Bandung, Jawa Barat menjadi sasaran aksi.

Ada tiga bentuk bantuan yang diberikan kepada mereka, yaitu paket pangan gratis, beasiswa  belajar, serta pemberdayaan ekonomi keluarga melalui penyaluran mesin jahit dan pelatihan menjahit. Pemberian bantuan dilakukan bertahap selama tiga bulan, yakni pada Oktober, November, hingga Desember 2020.

Semua bantuan tersebut dikelola oleh pihak KPM Dewi Sartika. Paket pangan gratis dibagikan merata bagi anak-anak binaan dan keluarga mereka. Anak-anak tersebut juga mendapatkan paket beasiswa untuk membantu memenuhi biaya belajar di tengah pandemi dan pengembangan minat bakat di bidang olahraga, seperti futsal. 

Sementara itu, pengadaan mesin jahit dan pemberiaan biaya pelatihan diharapkan dapat menambah keterampilan mereka sehingga memiliki modal sejak dini untuk berwirausaha agar bisa mendapatkan penghasilan yang lebih layak.

Priston Sagala selaku pembina KPM Dewi Sartika sangat berterima kasih kepada ACT Jawa Barat dan PT. Jasa Sarana atas bantuan dan kegiatan yang berturut-turut diberikan untuk mewujudkan senyum ceria anak-anak binaan mereka. 

“Alhamdulillah, kami dari KPM Dewi Sartika merasa senang sekali melihat anak-anak kami bisa semangat belajar, dan dibantu berbagai bantuan untuk meningkatkan keterampilan mereka. Saya sangat bersyukur atas kerja sama yang terjalin antara KPM, ACT, dan Jasa Sarana yang sudah menjembatani proses pembelajaran bagi mereka,” ucap Priston.

Pihak KPM Dewi Sartika pun berharap bentuk kerja sama seperti ini bisa terus berlanjut agar semakin banyak anak-anak jalanan lainnya yang bisa lebih terdidik demi meraih masa depan mereka yang lebih cerah. []