Peduli Nelayan, Humanity Food Truck Hadir di TPI Cituis

Menjelang akhir September, ACT menghadirkan Humanity Food Truck di Tempat Pelelangan Ikan Cituis, Kabupaten Tangerang. Aksi ini ditujukan untuk nelayan yang ekonominya tengah menurun akibat pandemi dan cuaca buruk.

TPI Cituis
Nelayan di Cituis mendapatkan sajian makan siang dari Humanity Food Truck. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN TANGERANG Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kabupaten Tangerang terus melakukan aksi kemanusiaan di tengah pandemi. Kali ini, armada kemanusiaan Humanity Food Truck  hadir di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cituis, Desa Surya Bahari, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Selasa (28/9/2021).

Kondisi ekonomi nelayan yang menurun dampak pandemi dan cuaca buruk menjadi alasan truk berdapur rakita karoseri New Armada, Magelang, ini menggelar aksinya. Apalagi diketahui, hasil nelayan kian berkurang, hanya 1-3 kilogram tangkapan saja yang bisa didapatkan di waktu-waktu sekarang.

Di lokasi pelelangan ikan ini, setiap harinya bisa sampai 80 kapal mendarat dan hasil ikannya dilelang. Selalu ramai sejak pukul 8 pagi sampai 4 sore.

Ridwan Marsudi dari tim Program ACT Kabupaten Tangerang, mengatakan, kondisi nelayan yang seperti sekarang ini menjadi alasan aksi Humanity Food Truck. Harapannya, hidangan siap santap yang tersaji mampu mengurangi beban pengeluaran nelayan dan warga sekitar.

“Hidangan makan siang kami siapkan dari Humanity Food Truck. Penerima manfaatnya ialah nelayan, warga, dan pekerja harian di sekitar,” jelas Ridwan.

Di hari itu, total 300 porsi makanan terdistribusi. Warga pun menyambut baik adanya bantuan pangan ini.

“Terima kasih kepada teman-teman ACT dan MRI serta dermawan yang menghadirkan hidangan siap santap ini. Apresiasi setinggi-tingginya dari kami,” ujar Suriyadi selaku Pengurus TPI Cituis.[]