Peduli Sesama di Masa Pandemi, ACT Ajak Milenial Bangun Lumbung Sedekah Pangan

Berikhtiar membantu saudara yang terdampak pandemi dan meluaskan kedermawanan, ACT Sulawesi Selatan mendirikan Lumbung Sedekah Pangan keduanya di Masjid Lakiung Syech Yusuf, Jalan Poros Syech Yusuf, Kabupaten Gowa, Jumat (11/12). Lumbung ini hadir berkat kedermawanan kaum muda di Gowa.

Tim ACT Sulawesi Selatan tengah mengisi rak Lumbung Sedekah Pangan di Masjid Lakiung Syech Yusuf. (ACTNews)

ACTNews, GOWA Pandemi masih menggerogoti seluruh penduduk Indonesia sampai saat ini. Rasa takut akan terpapar virus corona masih menggelayuti karena dampak kesehatan yang begitu besar.

Di samping masalah kesehatan, masyarakat khususnya bagi rumah tangga menengah ke bawah sangat merasakan dampak ekonomi sepanjang pandemi Covid-19 ini. Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pekerja harian, serta masyarakat yang berada di lapisan bawah rantai ekonomi mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga mereka.

Merespons hal tersebut, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengambil peran dalam mengatasi permasalahan krisis pangan yang terjadi. Melalui Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan, ACT berupaya mencegah terjadinya krisis pangan yang berkepanjangan karena adanya virus corona. Gerakan ini mengajak berbagai kalangan masyarakat, utamanya kaum muda, untuk peduli terhadap saudara-saudara yang saat ini kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya.


Rak yang diberi nama ‘Sahabat Pemuda Philantroper’ ini ada berkat kedermawanan masyarakat muda di Gowa. (ACTNews)

"Pada kesempatan kali ini, kami kembali mengajak masyarakat, utamanya kaum milenial. Dan alhamdulillah kedermawanan saudara-saudara kita dapat kembali menghadirkan Lumbung Sedekah Pangan yang diberi nama ‘Sahabat Pemuda Philantroper’ sebagai bukti bahwa gerakan kepeduliaan ini tak hanya bisa dilakukan oleh orang tua saja atau kalangan orang kaya. Akan tetapi milenial yang memiliki niat yang tulus bisa juga membantu orang-orang yang membutuhkan saat ini, termasuk kebutuhan pangan,” jelas Firman selaku Kepala Program ACT Sulawesi Selatan pada Jumat (11/12) lalu.

Kali ini aktivasi Lumbung Sedekah Pangan bekerja sama dengan salah satu masjid di Kabupaten Gowa, tepatnya di Masjid Lakiung Syech Yusuf, Jalan Poros Syech Yusuf. Lumbung Sedekah Pangan ini nantinya akan diisi dengan berbagai macam kebutuhan pokok masyarakat, seperti beras, minyak, tepung dan lainnya. Lumbung tersebut juga diharapkan sebagai bentuk edukasi peduli isu sosial kemanusiaan kepada masyarakat untuk ikut peduli.


“Lumbung Sedekah Pangan ini merupakan unit kedua yang diaktivasi, di mana sebelumnya sudah ada juga Lumbung Sedekah Pangan di Masjid Mardhiyyah Kota Makassar yang sudah berjalan sekitar satu bulan. Rak ini masih terus terisi kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat tiap pekannya yang diisi oleh dermawan kami di ACT,” kata Firman.

Firman pun turut mengajak para dermawan untuk mendukung program ini. “Para dermawan juga dapat berpartisipasi dengan menyalurkan sedekah terbaiknya ke rekening BNI Syariah di nomor 66 0000 837 dengan melampirkan konfirmasi bukti transfer via WhatsApp ke nomor 0821 9224 1414 atau melalui laman Indonesia Dermawan,” ajak Firman. []