Pelatihan Pendamping, Poin Penting Kemajuan UMKM

Sebagai bentuk keberlanjutan program Wakaf Entrepreneur Center, Global Wakaf-ACT melangsungkan pelatihan untuk pendamping UMKM yang berlangsung sejak 31 Maret hingga 4 April mendatang.

Para peserta Pelatihan berfoto bersama. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA SELATAN ­– Pelatihan untuk pendamping (training of trainer) diselenggarakan Global Wakaf-ACT dalam rangka keberlanjutan Wakaf Entrepreneur Center. Bertempat di Kantor Aksi Cepat Tanggap, pelatihan untuk pendamping dilakukan 31 Maret-4 April dengan materi Teknologi dan Perkembangan Iklim Bisnis. 

Kegiatan ini diikuti 17 pendamping usaha penerima manfaat Wakaf Modal Usaha Mikro Indonesia Global Wakaf-ACT. Penanggung Jawab Pelatihan Pendamping Utomo Pranoto menjelaskan, tujuan pelatihan diharapkan mampu membuat pendamping usaha memahami segmentasi pasar.

“Menentukan segmentasi pasar sangat penting karena akan berpengaruh kepada distribusi dan pemasaran produk. Sedangkan, strategi penjualan akan berpengaruh pada banyaknya masyarakat yang mengenal produk UMKM,” kata Pranoto.

Salah satu peserta pelatihan, Linda, berujar, kegiatan pelatihan membuat ia memahami aspek-aspek bisnis yang tengah berkembang.  “Ilmu yang saya peroleh hari ini akan saya terapkan kepada penerima Manfaat Wakaf Modal Usaha dampingan. Semoga saya bisa membimbing usaha mereka menjadi lebih maju,” kata Linda.

Wakaf Entrepreneur Center

Materi yang diberikan kepada peserta difasilitasi oleh Akademi Melayu Dermawan yang berpusat di Batam. Melayu Dermawan adalah komunitas yang telah berpengalaman di bidang bisnis, UMKM, dan ekspor-impor.

Kerja sama Global Wakaf-ACT dan Melayu Dermawan diikhtiarkan membentuk komunitas UMKM yang mandiri. Sejalan dengan itu, Global Wakaf-ACT juga tengah merintis Wakaf Entrepreneur Center.

Wakaf Entrepreneur Center akan menjadi pusat aktivitas peningkatan kapasitas untuk UMKM dan pendamping, baik dari segi mentoring, training, ataupun pelatihan. Wakaf Entrepreneur Center nanti akan menghadirkan fasilitas dan materi pembelajaran bagi pelaku UMKM dan pendamping.[]