Pelatihan Tali Temali dan Repling Tingkatkan Kapasitas Relawan

ACT-MRI Jakarta Utara menggelar pelatihan tali temali dan repling untuk relawan. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas relawan, khususnya dalam pertolongan kebencanaan.

MIR Jakarta Utara
Pelatihan repling dan tali temali yang digelar untuk relawan MRI Jakarta Utara. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA UTARA – Teriknya matahari siang itu, Ahad (26/9/2021), tak menyurutkan semangat relawan yang tergabung di Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jakarta Utara untuk ikut dalam Pelatihan Tali Temali dan Repling. Kegiatan dalam rangka peningkatan kemampuan ini digelar di Gelanggang Remaja Jakarta Utara dengan dihadiri oleh puluhan relawan. Mereka tampak antusias dengan semua materi hingga praktik yang dilakukan.

Harun Ar Rosyid sebagai Head of Volunteer Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jakarta Utara, mengatakan, latar belakang dari kegiatan ini ialah ingin meningkatkan kapasitas relawan MRI Jakarta Utara. Tujuannya, dengan kemampuan yang mereka miliki bisa maksimal saat membantu masyarakat, khususnya di momen penyelamatan di tengah bencana.

“Pelatihan ini merupakan ikhtiar kami untuk meningkatkan kemapuan teman-teman relawan,” jelasnya.

Lukiez, salah satu Koordinator Pelatihan Tali Temali dan Repling, mengatakan, hasil pelatihan nantinya bakal menjadi bekal relawan dalam upaya penyelamatan, di tengah bencana khususnya. Dengan keterampilan ini juga diharapkan bisa memaksimalkan potensi setiap relawan.

“Sebelum terjun ke lokasi bencana, diperlukan yang matang,” ungkap Lukiez.

Selain pelatihan tali temali, relawan MRI pun bakal dibekali dengan keterampilan lain lewat berbagai pelatihan. Sebut saja water rescue serta keterampilan menggunakan alat-alat pertolongan lainnya.[]