Pelatihan Water Rescue, Bentuk Kesiapsiagaan Bencana Banjir

Sebagai upaya mitigasi dan membangun kesiapsiagaan bencana, ACT Sumatra Selatan menggelar pelatihan penyelamatan di perairan (water rescue). Pelatihan ini dipandu oleh dipandu oleh Tim Disaster Emergency and Relief Management (DERM) - ACT.

Pelatihan Water Rescue, Bentuk Kesiapsiagaan Bencana Banjir' photo
Peserta pelatihan water rescue oleh ACT berlatih mulai dari cara mengendalikan perahu, mendayung, berenang, evakuasi korban, materi dasar medis penolongan pertama, serta pemeliharaan perahu. (ACTNews/Imam Hambali)

ACTNews, PALEMBANG - Musim hujan mulai tiba di beberapa daerah di Indonesia, khususnya provinsi Sumatera Selatan. Curah hujan yang tinggi disertai angin kencang mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir, tanah longsor, hingga membuat sejumlah bangunan dan fasilitas umum rusak.

Sebagai upaya mitigasi dan membangun kesiapsiagaan bencana, ACT Sumatra Selatan menggelar pelatihan penyelamatan di perairan (water rescue) pada Senin (30/12/2019). Pelatihan ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan, dipandu oleh Tim Disaster Emergency and Relief Management (DERM) - ACT.

Ardiansyah, selaku Head of Region ACT Sumatra mengatakan bahwa pelatihan penyelamatan di perairan ditujukan untuk mengedukasi sekaligus mempersiapkan SDM yang siap dan tanggap dalam menghadapi bencana.

“Kami berharap dengan diadakannya pelatihan water rescue ini, para peserta siaga dan mampu menghadapi bencana yang kapan saja bisa terjadi. Selain itu, semoga dengan berkumpulnya para peserta ini, bisa menambah keakraban tim serta koordinasi menjadi semakin baik. Sehingga, lebih maksimal lagi dalam membantu masyarakat,” ujar Ardiansyah.

Pelatihan ini dihadiri oleh 34 peserta, terdiri dari regu penyelamat ACT, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumsel, dan sejumlah komunitas. Materi pelatihan yang diberikan antara lain pengantar tentang water rescue, latihan kebugaran fisik, pengenalan perlengkapan, pemeliharaan alat, pengoperasian perahu, penanganan korban saat evakuasi, dan simulasi water rescue di perairan Bumi Perkemahan Pramuka Gandus.

Para peserta pelatihan dibekali dengan kelengkapan mulai seperti perahu LCR, helm, pelampung, dayung, ring buoy, dan perlengkapan penunjang lainnya. Saat simulasi, tampak para peserta begitu bersemangat menceburkan diri dalam air. Mereka berlatih mulai dari cara mengendalikan perahu, mendayung, berenang, evakuasi korban, materi dasar medis penolongan pertama, serta pemeliharaan perahu.

Tidak hanya di Sumatra Selatan, sebelumnya pelatihan evakuasi korban bencana di perairan yang dipandu oleh Tim DERM - ACT ini juga dihelat di Padang, Sumatra Barat dan Malang, Jawa Timur. []

Bagikan