Pelayanan Kesehatan Gratis Sasar Pemulung di Kelurahan Cilandak Barat

Aksi Cepat Tanggap (ACT) melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan gratis di Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, pada Jumat (22/10/2021) lalu. Kegiatan ini khususnya menyasar masyarakat yang bekerja sebagai pemulung.

pelayanan kesehatan gratis
Pelayanan kesehatan mulai dari konsultasi langsung kepada dokter, hingga pemberian obat gratis. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Humanity Medical Services dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) kembali menjalankan aksi di Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Tim mengadakan pelayanan kesehatan gratis ini kepada masyarakat pada Jumat (22/10/2021) lalu.

Target utama dari aksi ini yakni masyarakat yang bekerja sebagai pemulung. “Kami hadir untuk wilayah yang membutuhkan  pelayanan kesehatan, khususnya untuk warga yang belum mampu ke rumah sakit. Kami yakini, di kampung ini cukup banyak masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan gratis ini, terutama mereka yang bekerja sebagai pemulung,“ jelas dr.Rassy sebagai dokter Humanity Medical Services.

Pelayanan kesehatan mulai dari konsultasi langsung kepada dokter, hingga pemberian obat gratis. “Dan apabila terindikasi gula, asam urat, kolesterol langsung bisa diperiksa agar tertangani dengan tepat,” tambah Dokter Rassy.


Wakil Camat Cilandak Barat Noverra ketika datang langsung ke aksi Humanity Medical Services. (ACTNews)

Aksi pelayanan kesehatan ini juga dihadiri sejumlah pejabat pemerintah setempat di antaranya Wakil Camat Cilandak Barat Noverra dan Lurah Kelurahan Cilandak Barat Agus Gunawan. Noverra pun mengungkapkan terima kasihnya dengan adanya aksi ini.

“Saya sangat senang sekali dengan adanya ACT melalui program ini (Humanity Medical Services) telah memberikan pengobatan gratis kepada warga kami. Saya berharap tidak berhenti di sini, namun ACT meluaskan ke wilayah lain yang masih berada di wilayah Cilandak. Karena masih banyak warga kami yang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan ini,” kata Noverra.


Selain tanggapan dari pemerintah setempat, Satiem salah seorang penerima manfaat juga menyambut positif kegiatan ini. “Saya sangat berterima kasih, pelayanan kesehatan disini bagus, dokternya juga jelas saat menjelaskan. Kondisi saya diperiksa menyeluruh. Bahkan kalau obatnya habis, tinggal menghubungi nomor layanan. Jadi obat di antar dan di kasih ke kita gratis. Bantuan kesehatan seperti sangat membantu saya”, ungkap Satiem usai pemeriksaan. []