Pembangunan Hunian untuk Korban Semeru Terus Dikebut

Pembangunan hunian nyaman terpadu untuk korban erupsi Semeru terus berlanjut. Sebanyak 100 hunian ditargetkan rampung dalam waktu dekat.

ics semeru
Hunian nyaman terpadu ACT di Desa Sumber Mujur yang selesai dibangun. (ACTNews)

ACTNews, LUMAJANG – Pembangunan hunian nyaman terpadu (integrated community shelter) untuk korban erupsi Gunung Semeru terus dikebut. Pada Rabu (9/2/2022), satu unit rampung dan 6 unit dalam proses. 

Koordinator Pembangunan ICS Semeru Dede Abdul Rahman melaporkan, progres saat ini sebanyak satu unit selesai 100 persen,  2 unit dalam proses pasang dinding dan sekat dalam, 2 unit selesai pasang dinding batako, satu unit selesai pondasi, dan satu unit gali pondasi. 

“Kami menarget membangunan 100 unit yang bisa rampung secepatnya sehingga bisa segera dihuni warga yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru,” kata Dede, Rabu (9/2/2022). 

Dede menjelaskan, satu unit rumah tinggal tersebut berukuran 6x4,8 meter persegi. Di dalamnya terdapat satu ruang tamu, satu kamar tidur, satu ruang keluarga, satu kamar mandi, dapur, dan teras depan.


Dede melanjutkan, batako untuk pembangunan ICS dibeli dari pengrajin batako lokal yang dibina oleh ACT. Sentra batako adalah salah satu program unggulan untuk memulihkan perekonomian warga korban erupsi Semeru.

“Kompleks ICS ACT berada di zona hijau, tepatnya di tanah lapang Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang,” kata Dede.[]