Pembangunan Sumur Wakaf Gunungkidul Berlanjut di Musim Penghujan

Pembangunan Sumur Wakaf Gunungkidul Berlanjut di Musim Penghujan

ACTNews, YOGYAKARTA - Dalam beberapa minggu terakhir, Yogyakarta terus merasakan guyuran hujan setelah sebelumnya merasakan musim kemarau, seperti halnya dengan Kabupaten Gunungkidul. Rata-rata hampir setiap kecamatannya telah merasakan guyuran hujan. Walaupun begitu, bukan berarti persediaan air bersih untuk masyarakat Gunungkidul lantas tercukupi. 

“Pada kenyataannya, sumur-sumur tadah hujan masih mengering. Tetapi adanya hujan di bulan November ini setidaknya mampu mengisi bak-bak penampungan warga untuk kebutuhan air harian. Belum lagi bencana kekeringan dan krisis air bersih masih menjadi ancaman tahunan di setiap musim kemarau,” kata Kharis, Koordinator Program Global Wakaf DIY, Senin (19/11).  

Sebagai bentuk respon terhadap krisis air bersih di DIY, terutama di Gunungkidul, Global Wakaf DIY terus melakukan aksi pendistribusian air bersih yang sudah dilakukan sejak bulan Juli yang lalu. Selain pendistribusian, program jangka panjang untuk mengatasi kekeringan di DIY adalah dengan membangun Sumur Wakaf, sumur yang mengalirkan kebutuhan air masyarakat terdampak kekeringan di Yogyakarta dan Gunungkidul. 

Akhir November ini, Sumur Wakaf akan dibangun di Dusun Dringo, Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul. Dusun Dringo adalah salah satu dusun di Gunungkidul yang terdampak cukup parah ketika musim kemarau melanda. Lebih dari 6 bulan warga harus bertahan dengan mengambil air dari sumber yang jaraknya kurang lebih 1-2 km dari rumah warga. 

“Sudah ada 13 sumur yang di bangun Global Wakaf, dan 11 lokasi di antaranya berada di Gunungkidul tersebar di 8 Kecamatan” ujar Kharis. 

Kharis mengatakan, pembangunan ini disambut gembira oleh masyarakat Dusun Dringo. “Alhamdulillah di bulan November ini, Dusun Dringo, menjadi dusun yang akan dibangun Sumur Wakaf ke 14. Warga menyambut antusias dengan rencana dibangunnya Sumur Wakaf di dusun mereka” tambah Kharis.

Hariyadi selaku kepala Dukuh Dringo menyampaikan ucapan syukur dan terimakasih yang tak terhingga, “Harapan kami  dengan dibangunkannya sumur wakaf ini menjadi solusi atas permasalahan air bersih di Dusun Dringo ini,” tandas Hariyadi.

Insya Allah, Sumur Wakaf akan terus mengalirkan keberkahan air bersih tidak hanya bagi masyarakat Yogyakarta tetapi juga masyarakat Indonesia yang dilanda kekeringan. Ini sebagai bentuk ikhtiar Global Wakaf dalam mewujudkan wakaf produktif. []

Tag

Belum ada tag sama sekali