Pembangunan Sumur Wakaf Pesantren, Wujud Dukungan Dermawan untuk Santri

Sejak 2015 hingga November 2020 ini, ada puluhan Sumur Wakaf yang dibangun khusus untuk para santri yang tersebar di Indonesia. Selain pondok pesantren yang memiliki masalah sanitasi, kehadiran Sumur Wakaf Pesantren bertujuan untuk membuat para santri dapat lebih fokus kepada pendidikan mereka tanpa harus memikirkan lagi kebutuhan air yang sulit.

Pembangunan Sumur Wakaf Pesantren, Wujud Dukungan Dermawan untuk Santri' photo
Para santri Pondok Pesantren Mafatihul Huda sedang memanfaatkan air dari Sumur Wakaf yang baru rampung untuk pondok pesantren mereka pada Oktober ini. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Berbagai upaya terus dilakukan Global Wakaf – ACT untuk memenuhi kebutuhan para santri dan pelajar sebagai garda depan penerus dakwah kepada bangsa. Selain melalui Beras untuk Santri Indonesia (BERISI) dan Air Minum Wakaf, Global Wakaf – ACT juga hadir memenuhi kebutuhan air bersih para santri melalui Sumur Wakaf Pesantren.

“Per November ini, total kita telah memiliki 655 titik Sumur Wakaf dan 76 di antaranya merupakan pesantren, serta 22 sekolah atau madrasah. Semuanya tersebar di hampir 150 kota dan kabupaten yang ada di Indonesia,” ungkap Wahyu Nur Alim dari Tim Global Wakaf – ACT pada Senin (16/11) ini.

Target penerima manfaat dari Sumur Wakaf Pesantren ini tentu pondok pesantren yang memang membutuhkan fasilitas air bersih maupun MCK yang mendesak. “Masalahnya pun beragam, mulai dari kekeringan, hingga akses yang sulit. Dan target kami terutama bagi pondok pesantren yang memang tidak memungut biaya sama sekali dalam aktivitasnya. Dengan begitu kami berharap para santri bisa lebih fokus dalam menuntut ilmu karena tak perlu lagi memikirkan kebutuhan dasar seperti air bersih,” jelas Wahyu.

Seperti para santri di Pondok Pesantren Al-Falah, Desa Sumber Mulya, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus, Lampung, terus menimba ilmu tanpa mengeluh bagaimanapun kondisinya. Mereka tinggal di bangunan yang sederhana. Bahkan lantai 2 dikosongkan karena tiang penyangga sudah hampir roboh. Ruangan mengaji pun jadi satu dengan tempat tidur.

Begitu juga dengan MCK mereka yang minim fasilitas. Mereka hanya punya satu sumur, itu pun untuk kebutuhan memasak dan minum. Sementara untuk kebutuhan lainnya, mereka harus bertahan dengan air yang kurang layak pakai sebab keruh. “Santri harus menggunakan air sungai keruh yang dialirkan melalui pipa dari bendungan sungai untuk wudu, mandi, dan mencuci. Mereka tak punya pilihan karena air di sumur hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan memasak dan minum,” ungkap Regina Locita Pratiwi dari Tim Global Wakaf – ACT Lampung.


Para santri sedang mengaji di Pondok Pesantren Al-Falah, Desa Sumber Mulya, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus, Lampung (ACTNews)

Untuk itu, Global Wakaf – ACT menyampaikan amanah dermawan dengan membangun Sumur Wakaf untuk para santri di Pondok Pesantren Al-Falah. Pembangunan Sumur Wakaf ini telah rampung dan diresmikan pada 10 Juli 2020 lalu. “Pembangunan Sumur Wakaf sedalam 100 meter diharapkan menjadi sumber air baru bagi 107 santri di sini. Sebab jika kedalaman kurang dari 100 meter, kondisi sumur akan kembali kering saat musim kemarau. Hal ini dikarenakan kondisi tanah yang berbatu wadas. Sebelumnya belum pernah dilakukan pengeboran sampai dengan kedalaman tersebut. Titik lokasi pengeboran diperhitungkan dengan saksama agar didapat hasil air yang maksimal,” jelas Regina.

Selain untuk pesantren, Sumur Wakaf Pesantren juga terkadang dimanfaatkan oleh warga setempat yang kesulitan. “Karena kalau kita lihat misalnya, ada memang di suatu daerah yang memang permasalahan airnya luas. Selain santri kesulitan, warga juga demikian. Maka banyak juga selain penghuni pondok, masyarakat luas juga ikut memanfaatkan air dari pesantren tersebut,” tutur Wahyu.


Secara umum, Sumur Wakaf sendiri telah menebar manfaat kepada hampir 470 ribu
jiwa, termasuk di antaranya adalah para santri. Wahyu mengajak para dermawan untuk semakin meluaskan manfaat Sumur Wakaf Pesantren kepada pondok-pondok yang memang membutuhkan.

“Masih banyak lagi pesantren yang membutuhkan bantuan kita dalam memenuhi kebutuhan air bersihnya. Oleh karenanya, kami mengajak kepada para dermawan untuk menyalurkan amanah itu melalui program Sumur Wakaf Pesantren. Wakaf terbaik dari para dermawan dapat disalurkan melalui Indonesia Dermawan atau transfer langsung melalui rekening BNI Syariah di nomor 66 00000 175 atas nama Yayasan Global Wakaf,” Pungkas Wahyu. []