Pembersihan Sisa Erupsi Semeru Terus Dilakukan

Humanity Water Truck-ACT terus memenuhi pasokan air bersih bagi penyintas erupsi Gunung Semeru. Selain sebagai pengangkut air, truk rakitan tahun 2019 ini juga berfungsi sebagai alat pembersih sisa abu vulkanik.

humanity water truck
Humanity Water Truck ACT tengah membersihkan akses jalan yang tertutup abu vulkanik Gunung Semeru. (ACTNews)

ACTNews, LUMAJANG –  Aksi Cepat Tanggap terus memasok kebutuhan air bersih penyintas erupsi Gunung Semeru. Menggunakan armada Humanity Water Truck, Selasa (7/11/2021), 20.000 liter air bersih didistribusikan kepada penyintas di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Kusmayadi dari tim Tanggap Darurat ACT, mengatakan, air bersih menjadi salah satu kebutuhan mendesak penyintas erupsi Semeru. Bencana di akhir pekan kemarin ini turut merusak sarana dan akses air bersih warga, sehingga kini penyintas hanya bisa mengandalkan kiriman air.

"Selain obat-obatan, makanan siap santap, pakaian, dan perlengkapan bayi, air juga kebutuhan yang sangat penting. Di mana saat ini, akibat sarana rusak, air untuk sanitasi penyintas hanya bersumber dari truk pengangkut air," ujar Kusmayadi, Selasa (7/11/2021). 

Selain memenuhi kebutuhan air penyintas, Humanity Water Truck juga melakukan pembersihan jalan dan berbagai tempat yang tertutup abu vulkanik Semeru. Kusmayadi menambahkan, truk ini mampu tak sekadar mengantar air, tapi juga membersihkan area dengan air bertekanan dengan alat yang sudah dipasang.

“Humanity Water Truck memang didesain tak hanya untuk mengangkut air, tapi juga fungsi lain berupa air bertekanan yang mampu membersihkan jalan, hingga membantu proses pemadaman api jika dibutuhkan,” jelasnya.[]