Pendampingan Terus Berlangsung untuk Warga Terdampak Gempa di Selayar

Pascagempa Flores yang turut mengguncang Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, hingga kini masih menyisakan ketakutan di kalangan warga setempat. Ikhtiar mendampingi warga pun terus ACT lakukan dengan dukungan dermawan.

act sulawesi selatan
Relawan MRI Sulsel sedang menyiapkan bantuan perlengkapan rumah tangga untuk korban terdampak gempa di Selayar. (ACTNews)

ACTNews, KEPULAUAN SELAYAR Gempa yang berpusat di laut Flores satu bulan silam, hingga kini masih menyisakan ketakutan bagi warga terdampak. Seperti mereka yang tinggal di Kepulauan Selayar. Di wilayah yang masuk administrasi Sulawesi Selatan ini, ribuan jiwa terdampak gempa, dengan ratusan rumah mengalami kerusakan.

Menanggulangi dampak gempa, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama dermawan terus menyalurkan kepedulian untuk korban bencana. Seperti pada Selasa (11/1/2022), didukung relawan Masyarakat Relawan Indonesia, bantuan berupa pangan dan perlengkapan rumah tangga serta layanan pendampingan psikososial tersalurkan.

Bantuan kemanusiaan tersebut terdistribusi di Dusun Bonto-Bonto dan Dusun Barumbung, Desa Kalaotoa, Kecamatan Pasilambena.

“Sebelumnya kami telah melakukan asesmen untuk memastikan kebutuhan warga. Yang kami dapat ialah, dampak gempa ini sangat besar, tapi masih minim bantuan. Warga pun membutuhkan terpal dan bahan lain untuk berteduh di pengungsian atau tempat yang mereka merasa aman, warga masih belum sepenuhnya berani pulang ke rumah masing-masing,” jelas Haryadi dari tim MRI Sulsel yang juga menjelaskan bahwa minimnya bantuan akibat informasi yang terbatas.[]