Penerima Wakaf Modal Usaha di Tasikmalaya Ikuti Pendampingan Usaha

Wakaf Modal Usaha Mikro membantu para pelaku UMKM di Tasikmalaya dalam menjalankan usaha melalui pelatihan bisnis dan pendampingan rohani.

Penerima Wakaf Modal Usaha di Tasikmalaya Ikuti Pendampingan Usaha' photo
Pengajian rutin mingguan yang diikuti penerima manfaat program Wakaf Modal Usaha Mikro. (ACTNews)

ACTNews, TASIKMALAYA – Program Wakaf Modal Usaha Mikro tidak hanya membantu permodalan pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM), tetapi juga memberikan pendampingan kepada pelaku usaha dari sisi rohani maupun keahlian. Di Tasikmalaya,  penerima Wakaf Modal Usaha Mikro rutin menjalani pendampingan bersama pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Muhajirin setiap satu pekan sekali.

“Sejauh ini pendampingan dilakukan setiap hari Sabtu. Alhamdulillah sudah berjalan delapan kali pendampingan,” ungkap Husna Widiana selaku pendamping sekaligus pengurus DKM Masjid Muhajirin Kota Tasikmalaya pada Sabtu (28/11) lalu. Selain di masjid, pendampingan juga dilakukan di warung-warung maupun di rumah-rumah pemilik UMKM. 

Koordinator Program Global Wakaf-ACT Tasikmalaya Fauzi Ridwan mentatakan, pendampingan dilakukan untuk memantau perkembangan usaha para penerima WMUM. Selain pemantauan, ada juga pelatihan yang diberikan, seperti cara memasarkan produk secara daring, cara pengemasan yang baik, dan cara memaksimalkan orang-orang terdekat sebagai pasar juga konsumen.


Proses pendampingan salah satu kelompok penerima manfaat. (ACTNews)

“Dengan pembinaan, para anggota mendapat berbagai pengetahuan, misal informasi tentang pemasaran secara online, pengemasan, dokumentasi untuk iklan di media sosial, serta penjelasan bantuan modal usaha dengan akad qardhul hasan ini,” jelas Fauzi.

Dari 10 pelaku usaha yang ada dalam kelompok pembinaan,  empat di antaranya sudah mulai merambah penjualannya secara daring.  Pendampingan ini akan terus dilakukan secara rutin hingga pelaku UMKM bisa mandiri secara modal dan juga keterampilan.


“Kami berharap program ini dapat terus berlangsung, sehingga bekal para pengusaha mikro dapat lebih matang, terutama menghadapi masa-masa sulit ini. Para dermawan dapat mendukung juga program ini melalui laman Indonesia Dermawan atau melalui rekening atas nama Global Wakaf BNI Syariah 66 00000 630,” pungkas Fauzi.[]