Pengabdian Umar di Kampung Mualaf Makula Sulawesi Selatan

Mengabdi secara sukarela di usia muda, Umar (26) membimbing masyarakat mualaf di wilayah dataran tinggi Pinrang, Sulawesi Selatan.

ustaz umar
Umar saat sedang mengajar anak-anak kampung mualaf Makula. (ACTNews)

ACTNews, PINRANG – Di usia yang masih muda, Umar (26) memilih menjadi guru mengaji bagi anak-anak muslim di kampung mualaf Makula, Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. 

“Jarang anak muda ingin mengabdi secara sukarela, mayoritas memilih untuk kerja dengan gaji dari pada membimbing masyarakat tidak dibayar. Saya hanya Ingin agar mereka tetap istikamah dalam Islam, wafat dalam Islam, dan juga bisa menjadi saksi di hadapan Allah bahwa saya pernah mengajar agama Islam kepada mereka,” kata Umar dengan mata berkaca-kaca, Kamis (10/6/2021).

Pengabdian Umar di kampung mualaf Makula adalah suatu hal yang tidak direncanakan. Umar menceritakan, awal mula dirinya mengabdi di kampung mualaf Makula karena diajak teman. Saat itu ia hanya ingin jalan-jalan mencari ketenangan usai sang ayah meninggal. Rencananya ingin tinggal selama tiga hari, namun kunjungan tiga hari itu berkesan dan membuatnya tersentuh untuk kembali dan melakukan pengabdian.

“Sampai di sini (Makula) saya mendapatkan cerita-cerita tentang masyarakat yang mualaf. Mereka butuh pendampingan, butuh bimbingan terutama baca Quran. Hati saya tersentuh dan akhirnya memutuskan untuk tinggal dan mengabdi di sini (Makula),” jelas lulusan Pesantren Darul Hijroh Kabupaten Pinrang itu.

Kampung mualaf Makula merupakan kampung baru dan diresmikan pada 2019 lalu. Semua masyarakat yang tinggal di sini adalah mualaf. Sebelum memeluk agama islam, rata-rata warga menganut kepercayaan animisme atau kepercayaan nenek moyang. Mayoritas warga bermata pencaharian sebagai buruh tani.

Untuk sampai ke Kampung Mualaf, setiap orang harus menempuh jalur yang cukup sulit karena jalan rusak dan berbatu. Jika musim kemarau jalanan berdebu dan jika hujan akan berlumpur. Butuh waktu sekitar 45 menit menuju Kecamatan Lembang dari pusat Kabupaten Pinrang, ditambah perjalanan satu jam dari pusat kecamatan untuk menuju ke Kampung Mualaf Dusun Makula.[]