Pengalaman Dakwah Subur di Pulau Nipah

Dakwah bil hal atau dengan perbuatan adalah sesuatu cara paling awal untuk merangkul.

Dakwah di Pulau Nipah
Ustaz Subur saat diwawancarai ACT. (ACTNews)

ACTNews, BATAM – Berdakwah kepada orang-orang buta huruf adalah hal yang tidak mudah. Masyarakat mengetahui Islam, namun belum mengerti syahadat dan Al-Qur’an. Awal mula dakwah kepada masyarakat yang seperti itu pun harus pelan-pelan, hati-hati, dan dengan cara yang tepat. Jika langsung dikenalkan Islam dengan ceramah dan mengaji akan sulit dipahami.

Ustaz Subur harus mengalami hal tersebut dalam berdakwah di Pulau Nipah, Desa Pomping, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam. Ustaz Subur berdakwah kepada masyarakat Suku Laut yang hidup nomaden dan buta huruf. Saat Ustaz Subur tiba pertama kali tahun 2010, pengetahuan Suku Laut tentang Islam sebatas sebuah agama sehingga jika berdakwah menggunakan dalil-dalil akan sulit diterima.

“Jadi saya pelan-pelan, berdakwah dengan bil hal dulu atau perbuatan. Kalau ada kegiatan saya ikut, misal gotong royong, bersih-bersih rumah, ada yang ingin mengurus administrasi kita bantu. Jadi dalam kegiatan itu saya sedikit demi sedikit beri pengertian tentang nilai-nilai Islam dalam kegiatan yamg sedang dilakukan,” kata Ustaz Subur, Senin (6/6/2021).

Melihat saya ikut berkontribusi dan bermasyarakat, lanjut Ustaz Subur, warga Suku Laut sedikit demi sedikit tersentuh dan menanyakan tentang Islam secara lebih dalam. Selanjutnya Ustaz Subur membuat perkumpulan dan sedikit demi sedikit terbentuklah pengajian dan kini semakin besar.

“Pernah ada seorang ustaz datang ke Pulau Nipah tetapi hanya bertahan satu tahun dan beliau kembali ke tempat asalnya. Saya tidak tahu penyebabnya, mungkin tidak kuat dengan kehidupan keras masyarakatnya,” ujar Ustaz Subur.

Kini, Islam menjadi pemererat kemasyarakatan di Pulau Nipah. Ustaz Subur juga mengisahkan, suatu hari saat jemaah sedang salat tarawih, ada seseorang nonmuslim masuk ke masjid dan langsung ikut salat. Melihat kejadian ini, jemaah kaget hingga ditanya kenapa masuk ke masjid dan ikut salat.

“Dia ingin masuk Islam, tidak tahu caranya langsung ikut salat saja. Akhirnya saya bimbing baca kalimat syahadat dan sampai sekarang orang itu muslim bahkan lebih taat,” ungkapnya.

Pulau Nipah adalah pulau terluar di Indonesia. Letaknya di Selat Singapura dan berbatasan langsung dengan Singapura. Pulau ini berada di sebelah barat laut Pelabuhan Sekupang Batam. Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan, luas Pulau Nipah saat air surut mencapai 60 hektar dan akan menyusut sebagin saat air laut pasang.[]