Pengungsi Rohingya Terdampar di Pesisir Ujong Blang, Lhokseumawe

Sejumlah 295 pengungsi Rohingya terdampar di Pesisir Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Berdasarkan laporan yang Aksi Cepat Tanggap terima, para imigran mendarat pukul 01.00 WIB dini hari. Saat ini otoritas yang berwenang masih melakukan koordinasi dan pendataan.

Pengungsi Rohingya Terdampar di Pesisir Ujong Blang, Lhokseumawe' photo
Pengungsi Rohingya yang tiba di pesisir pantai Ujong Blang terdiri dari 100 laki-laki, 181 permpuan, dan 14 anak-anak. (ACTNews/Amanda Jufrian)

ACTNews, LHOKSEUMAWE – Pengungsi Rohingya terdampar di Pesisir Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (7/9) pukul 01.00 WIB. Berdasarkan data yang Aksi Cepat Tanggap terima dari UNHCR, jumlah mereka 295 orang, terdiri dari 100 laki-laki, 181 perempuan, dan 14 anak-anak.

Muhammad Alfian dari Tim Komunikasi Aksi Cepat Tanggap Lhokseumawe mengabarkan, para pengungsi kini ditempatkan di pondokan pinggir pantai. Saat ini otoritas yang berwenang masih melakukan pendataan. ACT pun melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.

Alfian juga menjelaskan, keadaan saat ini cukup ramai karena warga datang melihat fenomena ini. Mereka pun membawa pakaian dan makanan untuk pengungsi Rohingya itu. Sementara sejak dini hari para petugas juga sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dan makanan. “Siang ini, relawan Aksi Cepat Tanggap dan Masyarakat Relawan Indonesia Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara juga akan membantu proses pembagian makanan," kata Alfian.

Pengungsi Rohingya kali ini pun jumlahnya lebih banyak dibanding pengungsi yang datang Juni lalu. menurut laporan ALfian, keadaan siang itu cukup ramai ditambah warga yang berdatangan untuk melihat keadaan.

"Saat ini sebenarnya masyarakat dilarang mendekat karena sejauh ini belum dilakukan rapid test,” jelas Alfian.

Saat ini, belum bisa dipastikan tempat pengungsi Rohingya akan diungsikan. Sejauh ini juga belum diketahui ada pengungsi yang bisa berbahasa Melayu atau tidak. Aksi Cepat Tanggap pun akan mengabarkan kondisi pengungsi Rohingya secara berkala.

"Saat kedatangan pengungsi Rohingya beberapa bulan lalu, ACT menurunkan armada kemanusiaan Humanity Food Truck, Humanity Water Truck, dan Ambulans Pre-Hospital untuk mendukung pangan dan kesehatan pengungsi Rohingya. Kali ini, kami atas dukungan para relawan juga berikhtiar memberikan yang terbaik untuk para pengungsi. Sahabat dermawan bisa mendukung aksi kemanusiaan ACT melalui sedekah terbaik ke rekening BNI Syariah 99 0000 411 atas nama Aksi Cepat Tanggap Lhokseumawe," ajak Alfian. []


Bagikan