Penyintas Gempa di Majene Tak Khawatir Sanitasi Lagi

Melalui ACT, PLN Peduli dan YBM PLN UIW Sulselrabar menyalurkan perlengkapan sanitasi untuk pengungsi gempa di Kabupaten Majene dan Mamuju.

pengungsi gempa majene
Pengungsi gempa di Desa Tubo Poang, Kecamatan Tubo Sendana, menerima toilet portabel bantuan PLN Unit İnduk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat. (ACTNews)

⁣⁣⁣⁣ACTNews, MAJENE – Penyintas gempa di Desa Tubo Poang, Kecamatan Tubo Sendana, dan Dusun Lembang Deking, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, tidak perlu khawatir masalah sanitasi lagi. PLN Peduli bersama Yayasan Baitul Mal PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat, melalui Aksi Cepat Tanggap Sulawesi Selatan, menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa 10 buah toilet portabel kepada pengungsi di kedua desa tersebut, Selasa (23/2/2021). 

Jaringan PDAM yang rusak akibat gempa menyebabkan ratusan warga Desa Tubo Poang kesulitan air bersih. Kondisi di pengungsian yang hanya menggunakan tenda seadanya pun membuat para pengungsi tidak nyaman beraktivitas MCK. Padahal ada 246 KK atau 940 jiwa yang tinggal di pengungsian tersebut.

Keadan itu membuat PLN Peduli dan YBM PLN UIW Sulselrabar langsung berkoordinasi dengan Aksi Cepat Tanggap Sulawesi Selatan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Koordinator Program ACT Sulsel Firman menjelaskan, dalam implementasi bantuan, ACT Sulsel dibantu Masyarakat Relawan Indonesia melakukan asesmen ke pengungsian-pengungsian.

⁣⁣⁣⁣“Ada 10 titik pengungsian di Majene yang dipetakan tim relawan. Bantuan langsung kami antarkan. İnsyaallah, selain di Majene, kami juga tengah menyiapkan bantuan untuk pengungsian di Mamuju. Berdasarkan data yang kami dapat, di Mamuju pun sangat mendesak membutuhkan perlengkapan sanitasi dan MCK," kata Firman.

⁣⁣⁣⁣Harapannya, dengan adanya bantuan kemanusiaan ini dapat mengatasi masalah sanitasi yang ada di lokasi pengungsian.⁣⁣⁣⁣

Memenuhi kebutuhan lain pengungsi

⁣⁣⁣⁣Bantuan PLN Peduli bersama YBM PLN UIW Sulselrabar tersebut disalurkan atas kepercayaannya kepada Aksi Cepat Tanggap yang sebelumnya telah membuka 74 posko kemanusiaan di wilayah Majene dan Mamuju.⁣⁣⁣.⁣⁣⁣

Saat ini ACT tengah membangun hunian sementara dengan konsep Integrated Community Shelter (ICS). Firmam menambahkan, belum terlambat bagi sahabat dermawan yang ingin ikut berpartisipasi dalam pembanguna  ICS Sulbar untuk membantu penyintas gempa.

"Segera salurkan bantuan terbaik melalui laman Indonesia Dermawan atau ke rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap di CIMB NIAGA SYARIAH # 8600 0680 9700⁣⁣⁣⁣ dengan melampirkan bukti transfer via whatsapp ke nomor 0821 9224 1414," pungkasnya.[]