Penyintas Kebakaran Jakut Masih Menantikan Bantuan

Kebakaran besar yang melanda Jakarta Utara beberapa waktu lalu menyisakan duka bagi warga terdampak. Mereka kehilangan banyak hal dan masih menantikan uluran tangan.

kebakaran jakarta utara
Tenda-tenda darurat yang menjadi hunian sementara warga terdampak kebakaran Jakarta Utara. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA UTARA – Kebakaran yang melanda RT12/01, Muara Baru dan RT16/17 Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara awal September lalu membawa duka mendalam bagi warga terdampak. Tempat tinggal serta harta benda mereka ludes dalam waktu sekejap. Total ada puluhan rumah terbakar, dan saat ini korban tengah kebingungan untuk kembali membangun rumah.

Merespons musibah ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendistribusikan bantuan untuk warga terdampak kebakaran. Harun Basalamah dari tim Program ACT Jakarta Utara, mengatakan, bantuan pangan merupakan salah satu yang mendesak, apalagi korban kehilangan harta dalam waktu yang singkat.

“Beras Wakaf, Air Minum Wakaf, susu serta alat kebersihan yang kami hadirkan untuk warga terdampak kebakaran,” jelas Harun.

Penyerahan bantuan ini dilakukan di Kantor Kelurahan Kamal Muara dan di Posko Dinas Sosial Kebakaran Muara Baru. Heri Pribadi, Kasi Kesejahteraan Kelurahan Kamal Muara, mengapresiasi bantuan yang ACT distribusikan ini.

“Terima kasih kami ucapkan kepada teman-teman ACT yang telah berkenan membantu warga kami yang saat ini tengah terdampak musibah kebakaran. Semoga dengan adanya bantuan dari ACT dapat meringankan beban mereka,ujar Heri.

Saat ini warga penyintas kebakaran tinggal dengan tenda dan terpal seadanya. Mereka masih membutuhkan bantuan, khususnya bahan bangunan dan pangan untuk mempercepat proses pemulihan pascakebakaran.[]