Peran Iduladha bagi Sesama Bangsa Menurut Anies Baswedan

Mari manfaatkan kesempatan untuk memberi kepada sesama atau minimal mengabarkan kepada diri sendiri bahwa kita bagian dari yang membantu sesama di bangsa ini.

Peran Iduladha bagi Sesama Bangsa Menurut Anies Baswedan' photo

ACTNews, JAKARTA - Saat menghadiri acara Masak Bersama Dapur Qurban Pemprov DKI Jakarta, Senin (13/8), tim Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap mendapat kesempatan untuk bertemu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Tak hanya untuk bertegur sapa, tim juga sempat berbincang tentang makna Iduladha bagi Anies Baswedan. 

Menurut Anies, Iduladha bisa memiliki interpretasi dari sudut panjang berbeda, tidak ada penjelasan tunggal. Interpretasi itu mulai dari makna bagi pekurban sampai makna bagi mereka yang menerima pemberian daging kurban. Begitu pula soal peristiwa mengurbankan sebagian harta untuk membeli hewan kurban sampai pada soal pendidikan. 

“Kita semua tahu, Iduladha hadir dari sebuah cerita keluarga Nabi Ibrahim yang mendapat perintah untuk menyembelih seorang anaknya. Kok kurban bisa memiliki pendidikan, dari mana? Dari pendidikan yang sempurna. Bagaimana perintah tersebut disetujui oleh istrinya Siti Khajar bahkan anaknya sendiri Nabi Ismail?” tanya Anies. 

Makna pendidikan yang sempurna dari Iduladha pun berpengaruh pada kearifan perilaku sebuah keluarga, termasuk dalam berempati dan bersimpati kepada sesama. Anies mengumpamakan, pada tahun 1945 hampir 95 % bangsa Indonesia alami buta huruf. Namun, itu tak menutup kemungkinan mereka untuk memahami kisah hidup dari satu sama lain. 

“Alhamdulillah kini bukan lagi tidak buta huruf, melainkan sudah jauh lebih sejahtera. Bagi kita yang sudah merasakan sejahtera, pertanyaan yang harus kita jawab adalah sudahkah kita memberikan kembali untuk bangsa? Jika belum, Iduladha bisa dijadikan sebuah kesempatan untuk peduli sesama,” kata Anies. 

Menurutnya, Idulaha dapat menjadi kesempatan untuk melakukan sesuatu kepada sesama bangsa. Ialah dengan melakukan kerja kemanusiaan, sebagaimana mencerdaskan dan menyejahterakan yang bisa menjadi proyek kemanusiaan. Dengan begitu, membantu sesama juga dapat menjadi proyek kemanusiaan. 

“Mari manfaatkan kesempatan untuk memberi kepada sesama atau minimal mengabarkan kepada diri sendiri bahwa kita bagian dari yang membantu sesama di bangsa ini,” ajak Anies. 

Tak lupa, Anies juga menuturkan terima kasih kepada Global Qurban-ACT yang turut berpartisipasi dalam menunjang keberlangsung acara Masak Bersama Dapur Qurban Pemprov DKI Jakarta. Setidaknya ada 2.000 porsi olahan daging kurban yang disediakan Global Qurban-ACT dengan bantuan Humanity Food Truck, truk besar yang juga berperan sebagai dapur berjalan. 

“Saya berharap, ACT bisa berkembang menjadi jembatan bagi mereka yang ingin membantu, tetapi tak selalu tahu salurannya. Juga bagi mereka yang membutuhkan bantuan tak selalu terjangkau salurannya,” pungksa Anies. []

Bagikan