Perdana, Air Minum Wakaf Gratis Hadir di Purwokerto

Pendistribusian Air Minum Wakaf tahap pertama menjangkau Masjid Darussalam PT KAI Daop V Purwokerto, yang berlokasi di Jl. Merdeka, Brubahan, Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Perdana, Air Minum Wakaf Gratis Hadir di Purwokerto' photo
Stan Air Minum Wakaf yang habis setelah dikunjungi para jemaah Jumat di Masjid Raya Palapa Baitussalam Jakarta (ilustrasi). (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, PURWOKERTO - Global Wakaf - ACT Purwokerto mendistribusikan Air Minum Wakaf pada Jumat (14/2) untuk kebutuhan masyarakat Banyumas. Pendistribusian Air Minum Wakaf perdana di Purwokerto ini diawali di Masjid Darussalam PT KAI Daop V Purwokerto, yang berlokasi di Jl. Merdeka, Brubahan, Purwokerto, Kabupaten Banyumas. 

Sebanyak 10 karton Air Minum Wakaf diberikan untuk jemaah Masjid Darussalam. Kepala Cabang Global Wakaf - ACT Purwokerto Andi Rahmanto mengatakan Air Minum Wakaf adalah wujud maslahat dari pengelolaan wakaf produktif oleh Global Wakaf. Layanan air minum ini diberikan kepada umat secara gratis karena pendanaannya bersumber dari dana wakaf masyarakat. Air Minum Wakaf gratis itu tak hanya akan didistribusikan di masjid, tapi juga ke sejumlah lokasi lain seperti pondok pesantren dan kampus. 

"Maka dari itu kami dari Global Wakaf-ACT mengajak seluruh dermawan di Banyumas Raya untuk ikut menyukseskan kegiatan ini yang insyaallah akan dibagikan ke seluruh masjid, kampus dan pondok pesantren di area Banyumas Raya dan sekitarnya," ujar Andi. 

Pembagian air minum wakaf ini disambut baik oleh Urip, salah seorang takmir Masjid Darussalam. Menurut Urip, Masjid Darussalam tiap hari dikunjungi jemaah dalam jumlah yang tidak sedikit, terlebih pada saat salat Jumat. Selain itu Masjid Darussalam juga kerap menjadi tempat beristirahat masyarakat yang sedang dalam perjalanan atau musafir. Mereka sangat membutuhkan air minum guna menghilangkan dahaga sembari beristirahat. 

"Alhamdulillah,  saya menyambut baik adanya penyaluran Air Minum Wakaf ini.  Masjid ini sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin bersedekah Jumat. ACT dengan tanggap menyediakan air minum bagi warga dan jemaah yang datang ke masjid.  Semoga ke depannya lancar dan bertambah berkah," ujar Urip. 

Dalam waktu dekat, Air Minum Wakaf segera didistribusikan kembali dalam jumlah 30 karton. Sejumlah titik akan disasar, seperti Masjid Bhayangkara di Jl. Perintis Kemerdekaan, Masjid Baitussalam di Alun-Alun Purwokerto, dan Masjid Al Fattah di Desa Sumampir. 

“Kami menargetkan bisa mendistribusikan satu juta karton Air Minum Wakaf per bulan, untuk masyarakat luas. Selain itu, Air Minum Wakaf juga akan disalurkan dalam kemasan galon untuk mendukung pengurangan sampah plastik,” pungkas Andi.

Air Minum Wakaf merupakan produk yang tidak diperjualbelikan dan diberikan secara gratis untuk  masyarakat yang membutuhkan. Produk yang diproduksi di Lumbung Air Wakaf ini diluncurkan pada akhir Desember 2019 lalu. Selain untuk untuk membantu jemaah masjid dan musafir, Air Minum Wakaf juga dimaksudkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa wakaf tidak hanya berbentuk tanah atau bangunan, tetapi juga berbentuk tunai yang dapat diproduktifkan. []


Bagikan

Terpopuler