Perdana di Bogor, Lumbung Ternak Wakaf Dipersiapkan untuk Pemberdayaan Pesantren

Global Wakaf-ACT tengah merancang Lumbung Ternak Wakaf di Desa Ciapus, Kota Bogor. Lumbung Ternak Wakaf ini dipersiapkan untuk pemberdayaan puluhan pesantren.

wakaf ternak bogor
Citra lahan di Desa Ciapus, Kabupaten Bogor, yang akan dibangun Lumbung Ternak Wakaf dalam beberapa

ACTNews, KABUPATEN BOGOR – Pemberdayaan menjadi nilai yang memantik perancangan Lumbung Ternak Wakaf di Bogor. Ikhtiar itu pun didukung dengan kesediaan lahan di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, Bogor, Jawa Barat. Di tanah seluas delapan hektare tersebut, terdapat kolam ikan serta perkebunan buah dan sayur, yang siap diolah serta dimanfaatkan.

Wahyudi dari Tim Global Wakaf-ACT Kota Bogor mengungkapkan, setelah nanti dibangun, Lumbung Ternak Wakaf ini dapat menampung hingga 2.000 ekor ternak kambing.

“Rencana awal, insyaallah dalam waktu dekat ini akan dibangun untuk 500 ekor kambing dan domba. Ternak akan dikelola oleh santri pondok pesantren yang berada di sekitar lokasi,” kata Wahyudi pada Kamis (16/9/2021) kemarin.

Ketika ternak berkembang biak, Global Wakaf-ACT akan menitipkan ke kandang plasma yang ada di pesantren yatim dan prasejahtera–yang saat ini berjumlah 50 pesantren.

Selain memenuhi kebutuhan pangan para santri, Global Wakaf-ACT juga berharap kehadiran Lumbung Ternak Wakaf di Bogor dapat menjadi penggerak ekonomi pondok pesantren yang dituju. Lumbung Ternak Wakaf direncanakan berjalan di bulan Oktober. Sementara, kandang-kandang plasma di pesantren akan diikhtiarkan setahun mendatang.

“Semoga tidak ada lagi santri-santri prasejahtera di Kota dan Kabupaten Bogor yang kekurangan pangan, dan semoga Lumbung Ternak Wakaf juga dapat mendukung operasional pesantren. Kami berharap para dermawan dapat turut berpartisipasi agar kemanfaatan ini dapat kita tebar sesegera mungkin,” harap Wahyudi. []