Pergeseran Tanah Melanda Permukiman di Sukamakmur, Bogor

Pergeseran tanah terjadi di permukiman warga di beberapa kampung di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Dampak bencana ini, rumah warga mengalami kerusakan dan penghuninya terpaksa mengungsi.

pergeseran tanah bogor
Salah satu rumah warga yang rusak akibat pergeseran tanah di Bogor. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN BOGOR – Pergeseran tanah yang terjadi di permukiman di Kampung Cigadel, RT 04/03, Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor berdampak pada kehidupan warga. Fenomena ini membuat jalan utama yang menghubungkan antar kampung menjadi amblas, begitu juga beberapa rumah mengalami kerusakan.

Sampai saat ini tanah masih bergerak dan rumah warga pun terus mengalami kerusakan, bahkan sebagiannya hancur. Warga yang rumahnya rusak kini diungsikan ke posko bencana yang sudah berdiri.

Kepala Desa Sukawangi Budianto, saat tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) temui di SDN Gunung Batu yang menjadi salah satu lokasi pengungsian, mengatakan, hingga Selasa (16/11/2021), sebanyak 221 jiwa dari 63 keluarga telah diungsikan. Mereka berasal dari beberapa kampung, yaitu Cigadal, Selawangi, Ganda, Cibuluh, Ciawi dan terakhir Rawa Bakti.

“Saat ini, kondisi tanah, khususnya Kampung Cigandal masih bergeser, apalagi saat hujan,” jelas Budianto.

Untuk saat ini, bantuan yang sangat mendesak untuk dipenuhi ialah bahan pangan pokok. Pasalnya, warga berada di lokasi pengungsian dengan kondisi tidak nyaman dan keadaan serba terbatas.

“Terkait kebutuhan yang sangat dibutuhkan di sini yaitu makanan seperti beras, telor, lauk pauk dan makanan pokok lainnya, tambah Budianto.


Penurunan bantuan dari Sahabat Dermawan untuk warga terdampak pergeseran tanah di Bogor. (ACTNews)

Distribusi bantuan

ACT pun bergerak cepat merespons adanya bencana tanah bergerak di Sukawangi ini. Bersama relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), distribusi bantuan dilakukan untuk warga terdampak.

Mahatir dari tim Program ACT Bogor Timur mengatakan, bantuan yang diserahkan saat ini merupakan bantuan yang paling pokok, yaitu beras, air minum, sabun untuk kebersihan, sarung, hingga makanan pokok lainnya.

“Berbagai kebutuhan mendesak untuk dipenuhi saat ini. Sahabat Dermawan pun bisa ambil bagian dalam aksi kebaikan ini,” ajak Mahatir.[]