Peringatan Nuzulul Qur’an, Upaya Mengingat Peristiwa Turunnya Al-Qur’an

Peringatan Nuzulul Qur’an di Padang dan Jombang diisi dengan kegiatan positif. Adanya peringatan ini diharapkan menjadi pengingat umat Islam agar lebih cinta Al-Qur’an.

nuzulul qur'an
Peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Raya Sumbar dihadiri 2 ribu peserta dari ASN Pemprov Sumbar dan siswa sekolah di Padang. (ACTNews)

ACTNews, PADANG – Bulan Ramadan menjadi waktu pertama kali diturunkannya Al-Qur’an ke muka bumi, atau biasa disebut dengan Nuzulul Qur’an. Masyarakat pun mengisi momen ini dengan berbagai kegiatan positif.

Di Padang, Sumatera Barat, Nuzulul Qur’an diperingati dengan cara tablig akbar di Masjid Raya Sumatera Barat, Selasa (19/4/2022). Tablig Akbar Peringatan Nuzulul Qur’an ini dihadiri dua Dewan Syariah ACT Ustaz Bobby Herwibowo dan Ustaz Amir Faishol Fath.

Dalam peringatan tersebut, Ustad Bobby (Usbob) mengajarkan teknik menghafal Al-Quran. Menurut Usbob, menghafal Al-Quran sangatlah mudah, semudah tersenyum.

“Dua syarat menghafal Al-Qur’an yaitu bersuara lantang dan dengan isyarat tangan. Jika dua syarat ini dilakukan secara konsisten, insyaallah bisa menghafal Al-Qur’an dengan cepat,” kata Ustaz Bobby.

Sementara itu, Ustaz Amir Faishol mengingatkan pentingnya berinteraksi dengan Al-Quran, utamanya di bulan Ramadan. Al-Quran, menurut Ustaz Amir, menjadi GPS atau penunjuk arah bagi setiap manusia dalam menjalani kehidupan.

“Ramadan dimuliakan karena Al-Qur’an. Allah SWT jadikan manusia mulia juga karena Al-Qur'an. Semoga di Sumbar setiap satu rumah ada penghafal Qur’an. Jangan sampai kita jadi orang yang jauh dari Qur’an,” pesan Ustaz Amir.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengapresiasi kehadiran dua dai nasional tersebut di Kota Padang. Mahyeldi berharap dengan kehadiran dan nasihat dari Usbob dan Ustaz Amir, dapat menambah kecintaan dan kedekatan masyarakat Sumbar dengan Al-Qur’an.

Peringatan Nuzulul Qur’an di Jombang

Peringatan Nuzulul Qur’an juga ACT gelar di Jombang, Selasa (18/4/2022). Kegiatan ini terselenggara bersama KPP Pratama Jombang. Dalam peringatan ini pula diserahkan Al-Qur'an braille kepada tunanetra anggota Pertuni Jombang.

Pemberian Al-Qur’an braille pada tunanetra karena melihat semangat para tunanetra membaca dan menghafal Al-Qur’an. Di Ramadan ini, para anggota Pertuni Jombang juga mengadakan khataman Al-Qur’an.

“Kemarin kami mengadakan kegiatan khataman Qur’an dengan seluruh anggota Pertuni Jombang. Acaranya mulai sore hari menjelang berbuka sampai sahur,” ucap Ida Ketua Pertuni Jombang.