Peringati Hari Pahlawan dengan Operasi Pangan Murah

Hari Pahlawan yang diperingati tiap 10 November menjadi momen yang tak dilewatkan ACT. Memeriahkan hari istimewa tersebut, Operasi Pangan Murah digelar dengan sasaran berbagai kalangan yang menjadi pahlawan keluarga.

operasi pangan murah act
Kaum ibu di Tangerang saat mendapatkan Operasi Pangan Murah. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN TANGERANG, PANGKAL PINANG, MALUKU UTARA – Momen Hari Pahlawan yang jatuh pada Rabu (10/11/2021) lalu tak begitu saja dilewatkan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Di hari istimewa tersebut, ACT di berbagai daerah menggelar aksi kebaikan lewat Operasi Pangan Murah. Di Kabupaten Tangerang misalnya. Bazar pangan murah yang diadakan di Masjid Nurul Muslim, Perumahan Taman Raya Rajeg, Tangerang ini dikhususkan untuk salah satu pahlawan, yaitu kaum ibu.

Muhammad Azhar Pratama dari tim ACT Kabupaten Tangerang, mengatakan, di tengah kenaikan harga pangan belakangan ini, kaum ibu lah yang cukup merasakan dampaknya. Hal tersebut karena mereka rata-rata yang paling sering bergulat dengan keperluan rumah tangga, salah satunya pangan.

“Bahan pangan berupa beras, minyak goreng, kecap, ikan kaleng, garam, hingga gula kami hadirkan dengan banderol setengah harga saja,” jelas Azhar.

Serupa di Kabupaten Tangerang, ACT Cabang Bangka juga menggelar Operasi Pangan Murah dengan sasaran utama ialah kaum ibu, pekerja harian, lansia, hingga pelaku UMKM yang terdampak pandemi.

Dayang, seorang ibu yang juga pedagang kue dan gorengan skala kecil menjadi salah satu penerima manfaat Operasi Pangan Murah ini. Adanya kenaikan harga pangan, khususnya minyak goreng, sangat Dayang rasakan dampaknya. Apalagi, minyak goreng menjadi modal utama ia berjualan.

“Jualan kue sama gorengan ini jadi pemasukan utama keluarga saya. Harga minyak goreng naik drastis, tapi saya enggak bisa menaikan harga jual juga, takut pelanggan enggak ada yang mau,” ungkap Dayang.

Operasi Pangan Murah di Bangka digelar di Aula Kodim 0413, Pangkal Pinang. Dalam aksi tersebut turut dihadiri Pasi Ter Kodim, Kabid Kesejahteraan Sosial Kecamatan Rangkui, Pengurus Duta Genre Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan rekan-rekan Praja IPDN.

Pasi Ter Kodim Suparjana mengatakan, Operasi Pangan Murah ini sangat membantu masyarakat mendapatkan akses pangan murah. Apalagi saat ini harga pangan mengalami kenaikan. “Semoga ke depannya kegiatan sosial seperti ini dapat terus dilanjutkan,” harapnya.

ACT melalui cabang di berbagai daerah pun terus meluaskan Operasi Pangan Murah. Tak hanya di Sumatra dan Jawa saja, tapi juga meluas hingga Maluku Utara.[]