Peringati World Cleanup Day, Relawan MRI Bersihkan Sungai di Ambarawa

Para relawan bertugas untuk membersihkan dua sungai di Kelurahan Tambakboyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Relawan MRI Lakukan Giat Bersih-Bersih di dua sungai di Ambarawa
Sejumlah relawan MRI-ACT Kabupaten Semarang usai membersihkan dua Sungai di Ambarawa dalam memperingati World Cleanup Day (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN SEMARANG — Sejumlah relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Semarang melaksanakan giat bersih dalam rangka memperingati World Cleanup Day. Para relawan membersihkan dua titik di Kelurahan Tambakboyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

“Titik pertama di Sungai Dusun Katang dan titik kedua di Sungai Bugisan,” kata Ketua MRI Kabupaten Semarang, Elvan, Selasa (21/9/2021).

Kegiatan ini berlangsung pada hari Ahad sejak pukul 08.00-12.00 WIB. Diikuti oleh beberapa komunitas dan relawan. Salah satunya yaitu relawan dari MRI ACT Kabupaten Semarang-Salatiga.

Elvan melanjutkan sampah-sampah yang ada di sekitar sungai dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam karung. Sampah dijadikan satu, kemudian diangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Semarang untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kegiatan World Cleanup Day tidak hanya membersihkan sampah, tetapi juga menanam ratusan bibit di sekeliling sungai.

“Kegiatan tersebut diharapkan bisa memunculkan kesadaran kepada masyarakat terhadap pentingnya membersihkan permukaan bumi dari sampah, terutama sampah plastik,” kata Elvan.

World Cleanup Day menjadi hari peringatan bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari. Aksi ini secara serentak diadakan di seluruh negara untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah.[]